Sumber foto: google

Huawei Memperkenalkan Huawei Mate XT Ultimate, Ponsel Lipat Tiga Pertama di Dunia

Tanggal: 12 Sep 2024 13:33 wib.
Huawei baru-baru ini mengumumkan kehadiran Huawei Mate XT Ultimate sebagai ponsel lipat tiga pertama di dunia. Ponsel ini menampilkan desain ramping yang menakjubkan meskipun memiliki desain yang rumit.

Menurut informasi yang diambil dari situs web Huawei China yang dikutip oleh GSM Arena pada Selasa (10/9), ponsel ini memiliki layar diagonal 10,2 inci ketika dibuka sepenuhnya. Namun, ketika bagian kiri diplipat ke belakang, ponsel ini berubah menjadi ponsel lipat berukuran 7,9 inci, sementara lipatan sisi kanan mengubahnya menjadi ponsel kompak berukuran 6,4 inci.

Meskipun memiliki desain yang rumit, Huawei Mate XT Ultimate secara mengejutkan tipis dengan ketebalan hanya 3,6 mm saat dibuka dan beratnya hanya 298 gram, bahkan dengan adanya kamera besar yang berkaitan dengan Mate X5 yang dapat dilipat.

Ponsel ini dilengkapi dengan layar berpanel LTPO OLED fleksibel yang menawarkan refresh rate 120 Hz dan mendukung 10 miliar warna. Resolusi layar penuhnya adalah 3184 x 2232 piksel, namun dapat disesuaikan menjadi 2232 x 2048 dan 2232 x 1008 piksel sesuai dengan konfigurasi lipatan. Rasio layar-ke-bodi yang dimiliki Huawei Mate XT Ultimate mencapai 92 persen dengan rasio aspek layar 10,2 inci yang terbuka penuh 16:11. Perusahaan ini juga menegaskan telah menyempurnakan layarnya dengan "kualitas gambar komputasi AI".

Huawei Mate XT Ultimate memiliki pengaturan kamera belakang yang mirip dengan Huawei Mate X5 dan dilengkapi dengan fitur dari seri P. Kamera utamanya memiliki resolusi 50 MP dan dilengkapi dengan PDAF dan OIS, serta aperture variabel P60 Pro f/1.4-f/4.0. Terdapat juga lensa telefoto 12 MP dengan zoom optik 5,5x, kamera sudut ultra lebar 12 MP, dan modul autofokus laser. Selain itu, ponsel ini juga dilengkapi dengan kamera depan 8 MP yang dapat digunakan sebagai kamera swafoto saat perangkat dilipat.

Sistem engsel Mate XT Ultimate, yang terilhami dari stasiun luar angkasa Tiangong, memungkinkan tekukan internal dan eksternal berfungsi dengan baik menggunakan trek ganda dan komponen bergerak untuk memastikan pelipatan tanpa celah.

Informasi terkait jenis chip yang digunakan pada Huawei Mate XT Ultimate belum dapat dipastikan. Namun, diyakini bahwa perangkat ini didukung oleh teknologi kecerdasan buatan dan memiliki RAM sebesar 16GB. Selain itu, perangkat ini juga dilengkapi asisten suara Xiaoyi yang ditingkatkan, yang dikenal secara internasional sebagai Celia. Fungsi kecerdasan artifisialnya meliputi pengubahan suara ke teks, layar terpisah otomatis, penerjemahan dokumen waktu nyata, dan photo retouching.

Huawei Mate XT Ultimate menggunakan sistem operasi HarmonyOS 4.2, yang berbasis pada Android Open Source Project (AOSP) tanpa layanan Google.

Baterai Mate XT Ultimate terdiri dari tiga sel komposit silikon-karbida, yang menawarkan kapasitas total 5.600 mAh. Baterai ini mendukung pengisian daya dengan kabel 66W, pengisian daya nirkabel 50W, serta pengisian daya nirkabel dan kabel terbalik masing-masing pada 7,5W dan 5W.

Ponsel Huawei Mate XT Ultimate tersedia dalam warna hitam dan merah dengan harga yang tergolong mahal. Versi dengan memori internal 256 GB dijual dengan harga mulai dari 19.999 yuan atau sekitar Rp43 juta, sementara versi dengan memori 512 GB dihargai 21.999 yuan atau sekitar Rp47 juta, dan versi 1 TB dipatok seharga 23.999 yuan atau sekitar Rp51 juta.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved