Home Recording Pakai ANDROID! Emang Bisa?

Tanggal: 2 Jan 2018 00:51 wib.
Tampang - Kamu seorang musisi atau hobi nyanyi? Bisa bikin lagu? Pengen rekaman tapi budget minim? Sekarang udah gak usah bingung lagi. Di jaman yang serba canggih ini hampir semua bisa dilakukan hanya dalam genggaman. Yaps, HP android kamu bisa dipakai buat rekaman loh. Para  Developer aplikasi Android mulai mengembangkan aplikasi agar para musisi bisa berkreatifitas dengan membuat beberapa aplikasi untuk rekaman di rumah. Meski dari segi kualitas masih terbilang standar namun sangat cocok untuk musisi yang sedang memulai karirnya, untuk upload youtube dan soundcloud atau sekedar untuk latihan. Berikut beberapa aplikasi yang bisa kita gunakan dan didapatkan di Playstore,

MixPad



Mixpad merupakan software keluaran NCH. Mixpad ini memiliki fungsi sebagai aplikasi/software untuk merekam suara atau alat musik. Kelebihannya dari aplikasi recording biasa adalah mixpad memiliki fitur multitrack sehingga kita bisa melakukan mixing atau menggabungkan antara suara kita dengan alat musik yang sudah direkam atau instrumen musik karaoke. Kita bisa rekam langsung atau bisa input rekaman yang sudah ada. Selain itu mixpad dilengkapi juga fitur editing dan efek yang cukup lengkap seperti echo, reverb, amplifier yang bisa kita atur sehingga lagu kita jadi terdengar seperti lagu yang profesional. Mixpad bisa didapatkan di Google playstore.

Chordbot



Untuk melakukan rekaman tentu kita butuh musik untuk mengiringi suara kita sehingga menjadi sebuah lagu yang enak didengar. Bagi kamu yang terbiasa membuat lagu dengan alat musik baik itu gitar atau piano pasti sudah terbiasa dengan kunci/chord nada untuk menghasilkan sebuah musik. Chordbot adalah aplikasi yang cocok untuk para pencipta lagu, arranger dan komposer. Dalam aplikasi ini kita bisa memasang kunci-kunci nada sesuai dengan musik yang sebelumnya sudah kita buat dengan instrumen biasa. Dengan chordbot kita bisa membuat musik dengan berbagai pilihan instrumen bisa solo instrument atau memadukan dengan berbagai instrumen lain sesuai kratifitas kita selain itu ada fitur transpose, tempo dll. Untuk versi berbayar musik yang telah dibuat bisa di export ke WAV atau MIDI. Cocok banget buat latihan bikin musik atau sekedar bikin versi demo dari lagu ciptaanmu sendiri. Selain itu kita juga bisa buat minus one lagu penyanyi populer yang gak ada minusonenya. Chordbot versi Lite bisa didownload gratis di Playstore dan tersedia juga yang versi berbayar.

Star Music Tag Editor



Pastinya kita Sering melihat file musik penyanyi populer yang diputar di Music Player di Hp muncul deskripsi judul, nama penyanyi, genre, tahun, nama album dan gambar album ketika lagu diputar. Nah file rekaman kita pun bisa seperti para penyanyi populer yang akan muncul deskripsi dan gambar kita di putar di Music Player Hp siapapun. Star Music Tag Editor memiliki fitur mengubah gambar file dan deskrips yg tadinya unknown menjadi deksripsi yang sesuai dengan album rekaman kita. Setelah diedit kita bisa share lagu kita kepada teman-teman dan mereka akan melihat gambar dan deskripsi lagu kita seolah-olah rekaman profesional.

Tiga Aplikasi tersebut cukup mendukung homerecording dengan menggunakan android, namun ada hardware yang standarnya harus kamu punya untuk melakukan homrecording agar hasilnya memuaskan, berikut alat-alat yang sebaiknya kamu punya,

Mic Kondensor



Mic Kondensor adalah mic yang biasanya digunakan untuk rekaman agar menghasilkan suara yang pas dan jernih. Dilengkapi dengan popfilter untuk memusatkan suara dan standing mic agar mic bisa berdiri tanpa harus dipegang. Mic kondensor sangat direkomendasikan untuk homerecording agar suara kita lebih halus, jernih dan bagus. Kamu bisa dapatkan paket mic kondensor BM800  dengan harga dari mulai 350-650 ribu di bukalapak.

Soundcard



Alat yang satu ini penting banget untuk membuat rekaman semakin pas. USB soundcard bisa digunakan juga di Android dengan perantara kabel OTG (Android kamu harus support OTG). Soundcard membuat rekaman lebih stabil dan lebih baik. Menggunakan aplikasi MixPad sangat direkomendasikan menggunakan Soundcard ini, harganya juga sangat terjangkau sekitar 25-35 ribu yang bisa didapatkan di toko aksesoris atau perlengkapan komputer. Soundcard yang sudah disambungkan dengan HP bisa disambungkan dengan mic kondensor dan Headset. 

Adapun tips saat rekaman di rumah atau kosan, usahakan rekaman disaat tidak ada suara bising yang dapat mengganggu proses dan hasil rekaman. Minimnya budget tidak menutup jalan untuk kamu sebagai musisi untuk terus berkarya dengan segala keterbatasan. Mari berkarya dan ciptakan lagu-lagu yang menginspirasi. Semoga Bermanfaat. [Maya/Red]

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved