Foot Swtich Sebagai Salah Satu Komponen Penting Dalam Industri

Tanggal: 20 Apr 2021 10:59 wib.
Mungkin tidak semua orang akrab dengan alat yang bernama foot switch karena penggunanya bisa terbilang spesifik. Lalu bagaimana dengan saklar? Tentunya istilah ini lebih familiar karena sering menggunakannya. Di dalam dunia  industri ada berbagai jenis saklar yang dipakai untuk beragam kebutuhan. Keberadaan foot switch ini mempermudah pekerjaan operator mesin sehingga semua dapat dikerjakan secara otomatis, cukup diinjak dengan menggunaakan kaki kemudian menyesuaikan dengan ritme kebutuhan. Pengertian foot switch adalah saklar yang difungsikan dengan kaki yakni dengan cara kontrol menggunakan injakan. Alat ini memberi kemudahan untuk bisa menyalakan atau mematikan mesin secara otomatis. Dan dengan begitu penggunaan kaki menjadi efektif karena tangan dapat mengerjakan hal lainnya. Penggunaan foot swtich ada di berbagai macam industri dan untuk aplikasinya terbagi menjadi 2, yaitu lingkungan dengan tugas-tugas ringan serta tugas yang lebih beresiko. 



Tugas ringan :


Pengemasan mesin
Mesin kerja material standar : kain, kardus, plastik, kertas dan lain-lain
Proses farmasi
dan sebagainya


Aplikasi dengan resiko lebih tinggi :


Pengerjaan material berat
Penanganan material
Mesin pengemasan dengan pengangkatan
dan sebagainya.


Sedangkan jenis dari foot switch yang ada di pasaran berdasarkan bahannya adalah :

Plastic Foot Switch

Saklar kaki di mana pedal jenis ini lebih ekonomis dan cocok  untuk industri yang membutuhkan kuantitas banyak dengan material serta beban kerja yang tidak terlalu berat.

Metal Foot Switch

Sangat cocok untuk industri yang membutuhkan keamanan serta daya tahan extra.

Dalam memilih foot swtich yang baik maka sebaiknya mempertimbangkan hal-hal berikut ini :


Material


baik itu material dari foot swtich maupun material yang ditangani oleh mesin dengan menggunakan foot swtich tersebut.


Environment


Yaitu lingkungan di mana foot swtich tersebut digunakan, apakah kering atau basah? Kemudian juga suhu berapa?


Safety


Adanya fitur keamanan yang ditawarkan, seperti anti air rating berapa? Serta cover penutup dan lain-lain sebagainya.


Efisiensi


Hal ini terkait dengan harga maupun daya tahan dari foot swtich tersebut.

Foot Swtich terbaik produksi Schneider Electric adalah Harmony XPE. Produk ini memberikan solusi ynag kompak dan aman serta kuat untuk dapat memenuhi sebagian besar aplikasi industri. Tersedia dalam fitur serta koleksi yang lengkap mulai dari bahan plastic hingga bahan metal dengan dilengkapi penutup dan tanpa penutup agar bisa memberikan ketahanan serta perlindungan yang relevant untuk aplikasi industri yang dibutuhkan. Selain itu  produk ini   telah bersertifikasi secara internasional dengan lengkap untuk memenuhi standar industry  (Conformity to CE, anda UL, CSA, CCC and EAC certified). Dengan peringkat perlindungan hingga IP 66 yang sesuai dengan IEC 60529, suhu kerja -25 derajat celcius up to 70 derajat celcius dan fitur keamanan anti api serta anti benturan.



Tidak hanya itu, foot swtich produksi Schneider Electric memiliki keunggulan kuat pada lingkungan yang keras, tahan terhadap guncangan, minyak, air dan debu. Memiliki masa pakai mekanis yang tahan lama hingga 7 juta siklus pengoperasian. Memiliki perlindungan tinggi berdasarkan pada desain berkat operasi pembukaan positif, penahan pedal dan tindakan pelepasan pedal memiliki aktuasi positif. Dan kenyamanan yang dimaksimalkan dengan pedal operasi yang besar agar dapat mengakomodasi semua jenis alas kaki (ukuran besar, sepatu keselamatan) sekaligus menahan kedalaman foot swtich.

Memilih foot swtich yang baik merupakan faktor yang cukup krusial agar dapat menjamin keamanan dan meningkatkan efektifitas serta efisiensi lini produksi. Foot swtich pun sebagai salah satu komponen penting cukup banyak dipergunakan dalam menunjang produktivitas di berbagai industri. Dan bagi anda yang berkecimpung di bidang industri dengan mesin-mesin otomasi masa kini, foot swtich dari Schneider Electric menawarkan solusi foot swtich terbaik dengan produknya Harmony XPE.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved