Sumber foto: iStock

Fitur Baru WhatsApp, Tak Perlu Kasih Nomor Telepon ke Orang Lain

Tanggal: 26 Okt 2024 05:17 wib.
WhatsApp baru-baru ini mengumumkan kehadiran dua fitur terbaru yang bakal membawa penggunaan aplikasi pesan instan ini ke level selanjutnya. Fitur-fitur tersebut adalah dukungan untuk menyimpan kontak langsung di WhatsApp dan fitur username sebagai pengganti nomor telepon.

Dalam pengumuman resminya, WhatsApp mengindikasikan bahwa fitur-fitur baru ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol untuk mengelola kontak WhatsApp. Sebelumnya, satu-satunya cara untuk menambahkan kontak di WhatsApp adalah dengan mengetikkan nomor telepon atau memindai kode QR.

Namun, dengan adanya fitur ini, pengguna dapat menambahkan dan mengelola kontak langsung dari keyboard di WhatsApp Web dan Windows, serta perangkat yang ditautkan lainnya.

Perusahaan juga memperkenalkan pilihan baru untuk menyimpan kontak eksklusif di WhatsApp, yang sangat berguna terutama bagi pengguna yang memiliki lebih dari satu akun WhatsApp di HP. Penggunaan kontak WhatsApp terpisah ini memungkinkan pengguna untuk memisahkan kontak bisnis dan pribadi, yang tentunya akan memberikan pengalaman pengguna yang lebih terstruktur.

Seperti dilaporkan, kontak yang disimpan di WhatsApp dapat dipulihkan jika pengguna mengalami kehilangan ponsel atau berganti perangkat, yang memastikan keamanan dan kelancaran penggunaan aplikasi WhatsApp.

Pembaruan ini juga akan memudahkan pengguna dalam mengelola dan menyimpan kontak berdasarkan nama pengguna. Nama pengguna di WhatsApp akan menambahkan lapisan privasi ekstra, sehingga pengguna tidak perlu membagikan nomor ponsel ketika mengirimkan pesan kepada seseorang.

Dengan adanya fitur ini, privasi pengguna akan terjamin karena mereka dapat terhubung dengan orang lain tanpa perlu membeberkan nomor telepon mereka.

Selain itu, WhatsApp kabarnya sedang menjajal fitur yang memungkinkan pengguna membuat username unik sebagai pengganti nomor telepon. Fitur ini dinilai dapat meningkatkan privasi dengan memungkinkan pengguna untuk terhubung dengan orang lain tanpa perlu mengungkapkan nomor telepon mereka.

Memang, masih dalam tahap pengembangan, namun tampaknya WhatsApp berkomitmen untuk menyempurnakan fitur username ini sebelum peluncuran resminya dengan memperkenalkan antarmuka baru yang didesain ulang, seperti yang ditemukan dalam pembaruan terbaru WhatsApp Web.

Penggunaan fitur username ini akan memberikan pengguna lebih banyak kontrol dan privasi dalam komunikasi, serta memberikan kemudahan dalam pengaturan kontak WhatsApp. Dengan adanya fitur-fitur baru ini, pengguna diharapkan dapat merasakan pengalaman pengguna yang lebih aman, nyaman, serta terstruktur dalam mengelola kontak dan berkomunikasi melalui WhatsApp.

Hal ini juga dapat menciptakan lingkungan yang lebih positif dalam berinteraksi di WhatsApp, khususnya dalam menghubungkan pengguna yang memiliki kepentingan bersifat bisnis. Sebagai tambahan, penggunaan fitur username ini juga memudahkan dalam mempromosikan bisnis atau usaha melalui platform WhatsApp.

Dengan memberikan username unik kepada pelanggan, pemilik bisnis dapat berkomunikasi tanpa perlu membeberkan nomor telepon pribadi, yang tentunya lebih meminimalisir resiko atau penyalahgunaan nomor telepon pelaku usaha.

Dengan adanya fitur-fitur baru ini, WhatsApp telah menunjukkan komitmennya dalam melindungi privasi pengguna, serta memberikan pengalaman pengguna yang lebih baik dalam menggunakan aplikasinya.

Pengguna akan banyak mendapatkan manfaat dari adanya fitur-fitur baru yang mempermudah dalam mengelola kontak dan berkomunikasi melalui WhatsApp. Perusahaan pun dituntut untuk terus mengembangkan fitur-fitur baru yang memastikan keamanan dan kenyamanan pengguna dalam berinteraksi di platformmereka.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved