Facebook akan Deteksi Status Sosial Ekonomi Pengguna. Untuk Apa?

Tanggal: 8 Feb 2018 12:20 wib.
Tampang.com - Facebook terus melakukan pembaruan dan kali ini dikabarkan jika facebook mengajukan hak paten untuk teknologi yang mampu mendeteksi secara otomatis status sosial ekonomi pengguna, lalu akan dibagi menjadi 3 kelas yaitu kelas pekerja, menengah dan atas.

Hak paten tersebut diajukan pada 27 Juli 2017, tapi baru dipublikasikan pada hari Kamis, 1-2-2018.

Tujuan facebook melalui paten tersebut diketahui jika ingin membuat sistem yang mengumpulkan data pribadi seperti penggunaan internet, kepemilikan rumah, dan pedidikan agar dapat memprediksi status sosial ekonomi penggunanya.



Tujuan akhir paten ini yaitu untuk menyiapkan seuah algoritma yang mungkin dapat meningkatkan kemampuan penargetan Facebook agar dapat membantu menyajikan iklan yang lebih relevan untuk para penggunanya.

"Dengan memprediksi kelompok-kelompok sosial ekonomi para pengguna, Facebook mampu membantu pihak ketiga menghadirkan konten bersponsor untuk pengguna yang ditargetkan," menurut keterangan yang tertulis pada paten tersebut.

Dengan adanya pembaruan status sosial ekonomi pengguna maka diharapkan jika para pengiklan akan mampu mempromosikan berbagai produk dan layanan mereka secara efktif. "Sistem online bisa memberikan pengalaman pengguna yang lebih menarik untuk para pengguna," tulis Facebook.

Tahap awal yaitu Facebook akan emminta data para pengguna dengan emmberitahukan usia mereka. Lalu, pihak Facebook akan mengajukan sejumlah pertanyaan yang relevan untuk para pengguna sesuai dengan kelompok usia.

Sejauh ini belum diketahui pasti apakah paten tersebut akan benar-benar digunakan atau tidak.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved