C-THRU, Helm Penyelamat Berbasis Augmented Reality

Tanggal: 4 Jul 2017 18:09 wib.
Tampang.com - Teknologi Augmented Reality (AR) memang sedang berkembang tahun-tahun ini. Banyak perusahaan berlomba-lomba untuk mengembangkan teknologi ini.

Teknologi ini banyak dimanfaatkan pada industri video game. Tapi, kini tidak hanya pada game saja teknologi ini digunakan. Pada bidang pendidikan dan industri rumahan sudah mulai memanfaatkan teknologi ini. Kini, teknologi ini dimanfaatkan pada bidang keselamatan.



Seperti dilansir dari laman Wearable, teknologi ini kini ditanamkan pada helm pemadam kebakaran. Teknologi pada helm ini pertama kali dikenalkan oleh perusahaan startup Amerika, Qwake Technologies. Mereka mengklaim dengan teknologi ini, mampu menyelamatkan banyak nyawa termasuk sang pemadam kebakaran itu sendiri.

Helm ini bernama C-THRU. Helm ini dilengkapi gadget hasil modifikasi dari smartphone. Untuk menghadirkan kecerdasan yang mumpuni, C-THRU dilengkapi dengan ‘otak’ Nvidia Tegra.

Kaca C-THRU dapat menampilkan informasi, seperti navigasi pada pemadam kebakaran secara real-time sehingga mampu melewati bangunan dengan aman.

Tak hanya itu, C-THRU juga memiliki kamera thermal, senter, sensor biometrik, hingga sensor toksisitas yang mampu membantu proses penyelamatan.



Saat ini, helm ini sedang diuji coba dengan menggandeng beberapa departemen pemadam kebakaran Amerika. Kedepannya, Qwake Technologies akan menambahkan fitur yang lebih canggih lagi agar proses penyelamatan jauh lebih mudah dan aman.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved