Apa yang Sebenarnya Membuat iPhone Jadi Transformatif?
Tanggal: 11 Jul 2017 15:56 wib.
Ketika iPhone muncul pada tahun 2007, itu datang dengan semua janji dan kemegahan pengumuman besar Steve Jobs , menyoroti antarmuka pengguna dan desain licin sebagai titik penjualan utama. Kita tahu sekarang bahwa iPhone mengubah bisnis ponsel, ekonomi internet dan, dalam banyak hal, masyarakat secara keseluruhan. Tapi secara teknis, iPhone tidak terlalu inovatif.
Perangkat lunak dan gagasan antarmuka didasarkan pada iPod, yang telah menemukan kembali industri musik digital. Layar sentuh telah muncul di model ponsel dan tablet sebelumnya, termasuk Newton milik Apple sendiri. Dan ponsel Nokia papan atas memiliki lebih banyak memori, kamera yang lebih baik dan konektivitas mobile yang lebih cepat. Apa yang membuat iPhone transformatif adalah pergeseran konsep yang mendasari keseluruhan proyek iPhone: Perancangnya tidak membuat telepon dengan beberapa fitur tambahan, melainkan komputer genggam lengkap yang juga bisa melakukan panggilan dan browsing internet.
Sebagai seorang sarjana manajemen, desain dan inovasi, saya merasa sulit untuk memprediksi perkembangan teknologi revolusioner berikutnya. Dalam 10 tahun sejak peluncuran iPhone, begitu banyak tentang kehidupan modern, perdagangan dan budaya telah berubah. Sebagian karena iPhone, dan booming smartphone yang dipacunya, menciptakan infrastruktur teknologi personal portabel yang hampir tak terbatas dapat diupgrade. IPhone mengubah permainan bukan karena teknologi awalnya dan antarmuka pengguna yang keren, melainkan sebagai hasil imajinasi dan keberanian penciptanya.
Menemukan aplikasi seluler
Seiring iPhone terbentuk, para perancangnya terbelah antara membuat telepon atau komputer. Para insinyur dan eksekutif pemasaran sama-sama khawatir perangkat baru tersebut akan membunuh pasar iPod yang telah mendorong kebangkitan perusahaan Apple selama lima tahun. Nokia, pemain terbesar di pasar ponsel saat itu, memiliki teknologi dan prototipe yang serupa, dan juga takut mengalahkan lini produk ponselnya yang sukses yang menggunakan platform perangkat lunak yang lebih sederhana dan lebih kuno daripada iPhone yang dibangunnya.
Apple mengambil lompatan tersebut, bagaimanapun, dengan menginstal sistem operasi komputer yang sepenuhnya mampu di iPhone, bersamaan dengan beberapa program aplikasi kecil. Beberapa berhubungan dengan telepon, termasuk sebuah program yang menangani pembuatan dan penerimaan panggilan, serta cara baru untuk menampilkan pesan voicemail, dan sebuah sistem yang membuat pesan teks kontak berbeda terpisah. Lainnya lebih mirip komputer, termasuk aplikasi email dan browser web. Tentu saja, fitur bermain musik dari iPod juga disertakan, menghubungkan ponsel dengan ekosistem musik Apple yang muncul.
Awalnya, itu tentang aplikasi. Tetapi para insinyur komputer dan hacker terampil tahu mereka memegang komputer seukuran telapak tangan, dan mulai menulis perangkat lunak mereka sendiri dan membuatnya berjalan di iPhone mereka. Itu adalah awal dari aplikasi yang sekarang ada di mana-mana. Dalam setahun, aplikasi ini sangat populer, dan potensi mereka begitu signifikan, sehingga versi kedua sistem operasi iPhone Apple membuatnya mudah (dan legal) bagi pengguna untuk memasang aplikasi di ponsel mereka.
Pergeseran prioritas
Prospek membuat komputer genggam yang berfungsi penuh mengubah cara pengguna dan produsen memikirkan ponsel. Bagi Apple dan setiap perusahaan telepon lainnya, perangkat lunak menjadi jauh lebih penting daripada perangkat keras. Aplikasi apa yang bisa dijalankan telepon, dan seberapa cepat, lebih penting daripada apakah kamera itu sedikit lebih baik atau bisa menampung beberapa foto lagi; Apakah terbuka, terbuka atau bergaya bar; Atau apakah itu keyboard besar atau kecil. Keyboard iPhone ada di layar dan perangkat lunak yang dihasilkan, membuat fungsi yang memerlukan perangkat keras khusus menjadi perangkat lunak generik dan perangkat lunak khusus.
Pada saat peluncuran iPhone, Nokia menawarkan sekitar 200 gaya ponsel yang berbeda untuk memenuhi semua kebutuhan berbeda dari ratusan juta pelanggannya. Hanya ada satu model iPhone di awal, dan pada dekade berikutnya hanya ada 14 gaya utama - meski saat ini mereka tampil dalam berbagai warna, tidak hanya putih dan hitam seperti aslinya. Ini adalah kekuatan fungsionalitas perangkat lunak dan kesederhanaan terkait.
Meningkatnya pentingnya perangkat lunak pada ponsel juga mengubah ekonomi industri. Uang itu datang sekarang bukan hanya dari penjualan perangkat dan layanan telepon, tapi juga dari pemasaran dan penjualan aplikasi dan iklan dalam aplikasi. Pengembang aplikasi harus berbagi pendapatan dengan perusahaan yang mengendalikan sistem operasi smartphone, memberikan daya produktif yang serius: Apple memegang sekitar 15 persen pasar ponsel, namun memetik 80 persen keuntungan smartphone global. Demikian pula, antarmuka dan kamera smartphone sudah memantau dan mengendalikan rumah cerdas dan otomatis. Bahkan saat perangkat dikembangkan untuk beroperasi di sekitar kita, dan bahkan di pakaian kita, banyak dari mereka akan dapat menunjuk iPhone sebagai nenek moyang konseptual dan inspirasi.