Sumber foto: Dok. Sony Music

Eksklusif: Kisah Cinta dan Karier Aruma dalam EP 'Bertumbuh'

Tanggal: 27 Mar 2024 07:24 wib.
Nama Aruma semakin bersinar sebagai salah satu pendatang baru di belantika musik Indonesia. Setelah lagunya yang berjudul “Muak” mulai populer, penyanyi kelahiran 2003 ini juga semakin dikenal.

Lagu perdananya di bawah bendera label Sony Music Entertainment Indonesia sudah diputar lebih dari 168 juta kali di Spotify dan video musiknya pun sudah ditonton 18 juta kali di YouTube. Karena prestasinya tersebut, gadis bernama lengkap Nidewi Aruman ini mendapatkan double platinum dan juga meraih penghargaan “Penyanyi Pendatang Baru Terbaik Terbaik” dalam Anugerah Musik Indonesia (AMI) 2023. 

1. EP Bertumbuh: Proses 'Bertumbuh' Aruma di Dunia Musik

Sukses dengan single-nya, Aruma mulai berpikir untuk membuat sebuah album. Bersama label musiknya, akhirnya ia memilih untuk membuat EP sebagai tahap awal dirinya melangkah di dunia musik Indonesia. 

Aruma mengungkapkan, "Oke, jadi pertama kan emang single-single dulu, ya, awalnya. Terus kepikiran kalau bikin album aja gimana biar banyak anaknya, gitu kan, tapi mungkin dari aku dan tim Sony Music memutuskan untuk jadinya mini album aja, nggak album yang dengan banyak lagunya karena aku juga merasa mungkin aku butuh proses, langkah demi langkah gitu untuk mencapai album yang besar karena mungkin dari ikut konsep pertubuhan juga aku ingin pelan-pelan untuk sampai bermekaran."

2. Terinspirasi dari Bunga

Ia memilih judul Bertumbuh karena baginya itu sebuah ungkapan yang sangat personal dan terinspirasi dari proses bertumbuhnya sebuah bunga. EP tersebut menjadi gambaran kisahnya sendiri yang bertumbuh di dunia musik. 

Aruma berkata, "Mulai dari bibit kecil hingga besar dan berharap bisa mekar dengan baik jika kita terus merawatnya. Begitu juga yang aku rasakan untuk EP pertamaku ini. Apa yang sudah aku capai hingga sekarang merupakan proses aku bertumbuh, mulai dari bergabung dengan label, merilis single perdana, belajar banyak hal di dunia musik, hingga pada akhirnya merilis EP ini."

Mahasiswi Institut Teknologi Bandung (ITB) ini juga sangat menyukai bunga, sehingga dalam mempersiapkan albumnya, Aruma bersama tim ikut dalam meriset proses bertumbuh atau mekarnya bunga itu sendiri. Baginya, bunga dan dirinya punya kesamaan, yaitu sama-sama bertumbuh.

3. Kisah Cinta Aruma dalam Lagu "Tunggulah Sebentar"

Saat ditanya tentang lagu yang paling emosional dan istimewa dari 5 lagu yang ada di EP-nya, Aruma memilih lagu “Tunggulah Sebentar”. Ternyata itu merupakan kisah cinta Aruma sendiri, Bela. Lagunya tentang hubungan jarak jauh yang bisa disampaikan untuk kekasih, keluarga, atau pun teman.

Aruma menulisnya saat ia harus ditinggal kekasih. Sayangnya, karena semakin renggang jarak di antara mereka, keduanya harus putus. Namun, tetap masih berhubungan baik.

4. Kolaborasi dan Dukungan dari Orangtua

Buah jatuh tak jauh dari pohonnya. Bakat seni Aruma ternyata mengalir dari orangtuanya. Sang ayah diketahui merupakan seorang desainer, namun dekat juga dengan seni musik dan jago bermain gitar. Ayahnya yang memberikan dukungan materi dan sarana untuk Aruma mengejar mimpinya. Sejak kecil ia sudah les bernyanyi dan bermain piano. Kedua orangtuanya memberikan dukungan penuh untuk Aruma berkembang dan bereksplorasi, serta tak pernah melarang.

Ibunya juga sangat mendukung. Dia tak pernah absen untuk melihat video klip dan mendengarkan lagu Aruma, bahkan membagikannya ke media sosial. Sang ibunda juga selalu membanggakan Aruma.

5. Harapan di Masa Depan

Di masa depan, Aruma mengungkapkan bahwa ia ingin menulis lagu cinta yang romantis dan galau. Ia ingin membuat lagu yang agak sedih dan romantis, dibanding yang ceria. Ia juga ingin menulis lagu tentang kesendirian, karena menurutnya suatu saat nanti kita semua akan sendiri dan harus bisa melakukan apa pun sendiri.

Dengan perjalanan karier Aruma yang masih panjang, EP Bertumbuh menjadi landasan yang kokoh dalam perkembangan dan ekspresi musikalitasnya. Kesuksesan awal Aruma telah membuktikan bahwa bakat dan kerja kerasnya membuahkan hasil yang manis dalam industri musik Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved