Sumber foto: mediapromed.com

Aroma “Gadis” Rokok Kretek Buatan Jeng Yah

Tanggal: 24 Mar 2024 21:15 wib.
Film series Netflix yang diadaptasi dari novel Gadis kretek karya Ratih Kumala, yang berjudul sama dengan novelnya ini di sutradrai oleh Kamila Andini dan Ifa Isfansyah dan dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo (Dasiyah), Aryo Bayu (Soeraja), Arya saloka (Lebas) dan Putri Marino (Arum Cengkeh). Gadis Kretek menceritakan tentang industri rokok kretek dikota M milik ayah Jeng Yah bernama Idrus Muria (Rukhman Rosadi) yang kala itu menguasai industri rokok kota M.

Sejak kecil Dasiyah yang sering kali akrab dipanggil Jeng Yah ini sering kali membantu ayahnya, Idrus dalam bisnis rokok kretek di kota M. Namun saking cintanya Jeng Yah pada industri rokok ini  kerap kali Jeng Yah bermimpi untuk membuat saus campuran kretek. Sayangnya budaya patriarki kala itu membuat mimpi nya terhalang.

Saus rokok akan menjadi asam apabila ada perempuan masuk kedalam ruang saus, budaya patriarki tersebut yang membuat Jeng Yah harus bersembunyi pada saat membuat saus rokok di ruangan saus. Selain itu Dasiyah juga pandai memilih tembakau, tak heran ayahnya Idrus sering kali meminta Dasiyah untuk melinting rokok untuk nya.

Rokok Gadis buatan Dasiyah awalnya tidak dapat di terima di masyarakat lantaran pada kala itu masyarakat kota M masih memegang teguh budaya patriarki. Soeraja seorang laki-laki yang di temukan dan diangkat menjadi buruh kerja oleh Idrus ayah Jeng Yah pada saat terlibat perkelahian di pasar diangkat sebagai mandor untuk membantu Jeng yah membangun bisnis rokok kretek ayahnya.

Asmara Dasiyah dan Soeraja terjalin saat sering kali bertemu di tempat kerja pabrik rokok Idrus. Namun sayangnya, cinta mereka tidak direstui oleh kedua orang tua Dasiyah. Singkat cerita, Raja yang kala itu tau akan bakat Dasiyah dalam membuat saus rokok menemui Idrus ayah Dasiyah untuk meyakinkan ayah nya kalau rokok buatan Dasyiah bisa di jual belikan di pasar dan dapat bersaing dengan rokok lainnya.

Soeraja diterima kembali di keluarga Dasiyah dan mulai membangun bisnis Idrus  dengan inovasi baru yaitu memperkenalkan rokok Gadis ke masyarakat. Hasil usahanya tidak sia-sia, rokok Gadis buatan Dasiyah dapat di terima dan di nikmati masyarakat kota M. Hal ini lah yang membuat persaingan industri rokok kota M menjadi amat ketat.

Aroma rokok Gadis yang nikmat dan mempunyai aroma yang khas, hanya dapat dihirup dan dinikmati masyarakat dalam sekejap saja. Propaganda dan persaingan industri rokok pada kala itu menjerumuskan industri rokok milik Idrus Ayah Dasiyah diduga terlibat jaringan PKI yang membuat usahanya gulung tikar, serta pak Idrus dan Dasiyah harus dibawa untuk dipenjara. Apakah Dasiyah ikut dipenjara atau tidak? Temukan kisah lengkapnya di series Gadis Kretek yang tayang di Netflix.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved