Tips Rumah Tangga yang Harmonis

Tanggal: 17 Apr 2017 11:54 wib.
Tips Rumah Tangga yang Harmonis - Memiliki rumah tangga yang bahagia dan harmonis merupakan dambaan setiap insan. Berumah tangga tidak hanya untuk jangka waktu yang sedikit, bukan hanya untuk 5 tahun atau 10 tahun tapi untuk selamanya. Dan untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah.

Lalu bagaimana agar terwujud rumah tangga yang harmonis menurut syariat Islam ? Berikut tips-tips agar terwujud rumah tangga yang harmonis, di antaranya :

1.Taat dan berperilaku baik, Istri wajib mentaati perintah suami (perintah yang baik) dan sebaliknya suami juga memperlakukan istri dengan baik.

2.Berperilaku jujur, adalah suatu kewajiban di antara keduanya untuk saling jujur satu sama lain. Kejujuran merupakan pondasi yang penting dalam rangka membangun kepercayaan satu sama lain.

3.Saling menghormati satu sama lain, denag kata lain bahwa istri harus menghormati suami selaku kepala keluarga dan begitu pula dengan suami harus menghormati istri.

4.Saling memahami satu sama lain karena berumahtangga yaitu menyatukan dua orang yang berbeda baik itu latar belakang, lingkungan, perilaku dan sifat dan lain sebagainya. Keduanya wajib untuk saling memahami agar tercapai keselarasan dalam berumah tangga.

5.Berikan kejutan yang menyenangkan untuk pasangan seperti memberikan kado, memberikan pujian. Hal demikian agar menumbuhkan rasa sayang di antara pasangan.

6.Lakukan sholat berjamaah saat berada di rumah. Agar senantiasa memperoleh rahmat dari Allah SWT.

7.Meluangkan waktu sejenak untuk menelepon atau mengirim sms meski hanya sekedar menanyakan sudah makan atau belom. Ini agar pasangan merasa selalu mendapat perhatian.

8.Menyediakan makanan untuk suami dan anak-anak. 

9.Qana'ah, yaitu harus berusaha untuk mandiri dalam mencukupi kebutuhan rumah tangga bersama-sama. Selalu bersyukur dengan apa yang telah diberikan oleh Allah SWT.

10.Meluangkan waktu bersama, seperti makan siang bersama atau makan malam agar senantiasa terjaga hubungan yang harmonis antara keduanya.

11.Jangan berlarut-larut saat sedang terjadi pertengkaran. Saling memberikan maaf walaupun melakukan kesalahan. Dengan demikian hubungan semakin erat dan bahagia.

12.Mengenang pengorbanan masing-masing seperti saat sulitnya istri melahirkan dan susahnya suami mencari nafkah demi kelangsungan keluarga.

13.Merubah penampilan menjadi lebih baik serta lakukan hal yang positif agar pasangan merasa nyaman.

14.Menemani pasangan saat menonton acara kesukaannya agar terasa kebersamaan.

15.Mencari solusi bersama, saat tertimpa masalah. Menikah mempunyai arti saling berbagi, hidup bersama dan begitu juga saat tertimpa masalah maka tidak ada salahnya untuk meminta pendapat pasangan untuk menyelesaikannya.

16.Sesekali ceritakan sesuatu yang dapat membuat pasangan anda tertawa.

17.Panggilan sayang untuk pasangan seperti Rasulullah mempunyai panggilan sayang kepada Aisyah dengan panggilan Humaira yang memiliki arti merah delima.

18.Rumah tangga yang didasari dengan ketaat kepada syariat Allah SWT. Agar dalam berumah tangga memperoleh keberkahan dari Allah SWT.

19.Biasakan untuk bertanya tentang keseharian pasangan seperti sehabis pulang bekerja. Dengan demikian pasangan dapat meluapkan keluh kesah dan hal ini dapat mengeratkan hubungan anda dengan pasangan.

20.Berikan pelukan dan mencium pasangan setiap kali pasangan akan bertugas keluar kota agar pasangan merasa nyaman dan tenang.

Demikian beberapa tips agar terwujud rumah tangga yang harmonis. Hubungan suami istri bukan hanya menyangkut hubungan duniawi akan tetapi sebagai pertalian luhur yang dapat berlanjut ke kehidupan akhirat kelak. Sebagaimana digambarkan dalam Al Quran : "Itulah surga'Adn yang mereka itu masuk di dalamnya bersama-sama orang yang shaleh, baik itu orangtuanya, istri/suaminya dan anak cucunya."(QS ar Ra'd 23 )

 

 

 

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved