Penerapan Teknologi Canggih dan Pembangunan Infrastruktur Fasilitas Haji

Tanggal: 25 Mar 2023 13:30 wib.
Haji adalah rukun Islam nomor lima, di mana ibadah ini sangat dianjurkan bagi umat muslim yang mampu. Pengertian mampu di sini adalah mampu secara finansial dan juga fisik. Haji memang membutuhkan biaya yang cukup banyak, terlebih bagi Anda yang tinggal di Indonesia. Ibadah ini juga mencakup banyak aktivitas sehingga dibutuhkan kekuatan dan kemampuan fisik. Sebagai umat muslim, pastinya Anda juga ingin berhaji ke Tanah Suci sebagai bentuk pelaksanaan lima rukun Islam.

Haji sebagai salah satu ibadah yang termasuk dalam rukun Islam ternyata memiliki keutamaan atau keistimewaan sendiri. Haji adalah ibadah yang akan mendapat balasan surga. Haji juga termasuk bentuk jihad di jalan Allah SWT. Bukan cuma itu, haji pun mampu menghilangkan sifat kefakiran yang sebelumnya ada dalam diri manusia. Ibadah ini dijanjikan bisa menghapus dosa-dosa yang telah diperbuat di masa lalu. Oleh sebab itu, bagi Anda yang mampu secara fisik dan finansial, dianjurkan untuk melaksanakan ibadah haji untuk memenuhi rukun Islam kelima ini.

Pemerintah Indonesia sendiri melalui Kementerian Agama telah menerbitkan Rencana Perjalanan Haji (RPH) 1444 H/2023 M. RPH ini berisi rangkaian tahapan kegiatan penyelenggaraan ibadah haji tahun 2023, mulai dari awal masuknya jemaah ke asrama haji lalu terbang ke Tanah Suci, hingga kepulangan terakhir jemaah dari Madinah ke Indonesia. Berdasarkan salinan RPH yang dikutip melalui laman resmi Kemenag, bahwa jemaah gelombang pertama dijadwalkan mulai masuk ke asrama haji embarkasi pada 3 Zulqa’idah 1444 H/23 Mei 2023.

Sehari berikutnya, atau tepatnya tanggal 24 Mei 2023, mereka akan mulai diberangkatkan secara bertahap ke Madinah Al-Munawwarah untuk menjalani Arbain (salat berjamaah selama 40 waktu berturut-turut di Masjid Nabawi). Wukuf di Arafah diperkirakan bertepatan dengan hari Selasa, 27 Juni 2023. Mulai 4 Juli 2023, jemaah haji Indonesia dipulangkan ke Tanah Air secara bertahap. Akhir kedatangan jemaah haji di Indonesia menurut RPH dijadwalkan pada 16 Muharram 1445 atau 3 Agustus 2023.

Kabar yang lebih menggembirakan lagi adalah peningkatan berbagai fasilitas yang diberikan pemerintah Arab Saudi bagi para jamaah haji. Di mana selain infrastruktur juga ada penerapan teknologi tinggi seperti yang tersebut di bawah ini :

Jalur cepat imigrasi atau fast track

Merupakan jalur cepat bagi para jamaah haji yang memungkinkan para jamaah hanya menghabiskan waktu 15 menit dari sejak turun pesawat hingga naik bus. Hal tersebut karena proses untuk pengecekan serta verifikasi jamaah dilakukan di negara asal sehingga saat tiba di bandara tujuan dapat langsung menuju ke bus. 

Smart hajj

Sebuah layanan yang membantu para jamaah haji dan membuat ibadah lebih mudah. Selain itu dalam aplikasi ini, para jamaah haji juga bisa melakukan transaksi non tunai. Tersedia kartu haji pintar yang menyajikan panduan haji beserta tahapannya. Kartu haji pintar ini terhubung dengan ID dan nomor registrasi dan dilengkapi dengan kode QR sehingga dapat mengkases ATM, pemondokan dan transportasi.



Smart monitoring

Yaitu fasilitas berupa pengawasan kesehatan jamaah dengan menggunakan smart bracelet atau gelang pintar. Dengan menggunakan gelang ini maka akan dapat terdeteksi mulai dari denyut jantung, tekanan darah, saturasi oksigen hingga tingkat stres. Tidak hanya itu, gelang pintar ini juga dilengkapi tracking GPS agar dapat mengetahui lokasi jamaah.

Kereta cepat

Adalah kereta cepat Haramain Express yang memiliki kecepatan tinggi. Kereta ini dapat menempuh jarak Mekkah-Madinah dan sebaliknya hanya dalam jangka waktu 2,5 jam. Lebih cepat dari jalur bus yang membutuhkan waktu hingga 6 jam lebih.



Robot

Robot dapat memberikan petunjuk mengenai ibadah shalat, haji da umroh hingga menunjukka peta lokasi ibadah. Dilengkapi dengan kamera depan dan belakang serta sensor smart stopping system, mikrofon dan headphone HD dengan jaringan Wifi berkecepatan tinggi. 

Perluasan Masjidil Haram

Pada februari lalu pemerintah Arab Saudi telah meresmikan proyek perluasan baru dengan mengembalikan posisi Masijidil Haram sebagai pusat kota. Tersedia berbagai bangunan pelayanan baru seperti fasilitas kesehatan jamaah haji rumah sakit, pusat pertahanan, hingga jembatan dan jalur pedestrian.

Tenda Mina

MIna memiliki lebih dari 100.000 tenda, di mana tenda VVIP berlokasi di Mina Tower sementara tenda VIP berlokasi di tenda yang dikembangkan oleh Kedana Company. Tenda Kedana ini mampu memuat 6 jamaah pertenda. Pemerintah Arab saudi juga telah mengupgrade tenda Mina seperti pelapisan tenda dengan isolator anti panas, pengaspalan, pemasangan AC baru, hingga pembukaan dapur kelas atas. 

Berbagai fasilitas untuk jamaah haji semakin berkembang dan semakin canggih. Berencana untuk menjadi tamu Allah? Segera daftarkan diri Anda melalui travel haji terbaik Alhijaz Indowisata. Agar dapat segera berangkat ke Taah Suci, sebaiknya memilih Haji Khusus (plus) melalui travel haji plus terbaik Alhijaz Indowisata dan dapatkan porsi haji langsung berangkat dalam jangka waktu 6-7 tahun.

 

Alhijaz Indowisata

Jl. Dewi Sartika No.239A, Cawang, Kec. Kramat jati,

Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13630

WhatsApp : 082112121821
Copyright © Tampang.com
All rights reserved