Sumber foto: Pinterest

Niat Mandi Wajib setelah Haid dan Sunnah-sunnahnya

Tanggal: 3 Jun 2024 19:28 wib.
Wanita haid wajib bersuci dengan mandi besar setelah selesai haidnya. Tata cara pelaksanaannya dimulai dengan membaca niat mandi wajib setelah haid.
Dalil pelaksanaan mandi wajib setelah haid tertuang dalam Al-Qur'an dan hadits. Berikut penjelasannya.

Pengertian Mandi Wajib
Dikutip dari buku Panduan Lengkap Ibadah Muslimah karya Muhammad Syukron Maksum, mandi adalah cara lain selain wudhu untuk menghilangkan hadas. Jika wudhu digunakan untuk menghilangkan hadas kecil, maka mandi berguna untuk menghilangkan hadas besar. Perintah untuk mandi wajib ada pada Al-Qur'an surah Al Maidah

ayat 6.

Artinya: "..jika kamu dalam keadaan junub, maka mandilah..."

Dikutip dari buku Tuntunan sholat lengkap wajib,sunah,doa,dan dzikir Karya Zakaria R.Rachman, dalam thaharah, Yang dimaksud mandi yaitu mandi waji atau mandi janabat.Mandi wajib adalah aktivitas mengalirkan atau meratakan air ke seluruh permukaan kulit tubuh dengan niat menghilangkan hadas besar.

Sebab Mandi Wajib
Beberapa hal yang dapat menjadi sebab mandi wajib di antaranya:

1. Junub (Janabat)
Junub yaitu keadaan sesudah bersetubuh atau keluar mani, baik melalui mimpi ataupun disengaja. Junub termasuk hadas besar sehingga harus disucikan dengan mandi wajib.

2. Selesai Haid dan Nifas
Haid dan nifas juga merupakan hadas besar. Oleh karena itu, bagi wanita, setelah darah haid dan nifas berhenti harus menyucikan diri dengan mandi wajib sebelum melakukan ibadah seperti salat wajib.

3. Mati yang Bukan Mati Syahid
Mandi wajib yang dimaksud dalam hal ini adalah memandikan orang yang telah mati jika matinya bukan karena mati syahid, seperti mati di medan perang ketika berperang dengan orang kafir.

Mayoritas ulama berpendapat bahwa memandikan orang mati hukumnya fardhu kifayah, atau jika sebagian orang sudah melakukannya, maka yang lain gugur kewajibannya.

Rukun Mandi Wajib


Niat ikhlas karena Allah Ta'ala.
Menyiramkan atau mengalirkan air ke seluruh badan dan meratakannya dimulai dari rambut kepala.
Menghilangkan najis yang menempel.
Sunnah Mandi Wajib
Membaca basmalah sebelum mulai mandi.
Mencuci tangan sebanyak tiga kali.
Mencuci kemaluan hingga bersih.
Berwudhu seperti wudhunya orang yang hendak salat sebelum mandi.
Diawali dengan mengalirkan air ke bagian tubuh sebelah kanan.
Menggosok seluruh badan hingga bersih.


Dikutip dari kitab Fiqh Sunnah karya Sayyid Sabiq yang diterjemahkan Khairul Amru Harahap dkk, tata cara mandi wajib yang sesuai dengan sunnah Rasulullah SAW juga diriwayatkan oleh Ummul Mukminin Aisyah RA.

"Apabila Rasulullah SAW hendak mandi junub, beliau selalu memulai dengan membasuh kedua tangannya. Kemudian menuangkan air pada bagian kanan kemudian dilanjutkan bagian kiri. Setelah itu, beliau membasuh kemaluannya. Kemudian dilanjutkan wudhu seperti halnya ketika wudhu untuk mengerjakan salat. Setelah itu, beliau mengambil air dan menyiramkannya di atas kepala sambil memasukkan jari-jarinya untuk menyela-nyela pangkal rambut. Ketika beliau merasa air telah membasahi kulit kepala, beliau membilas rambutnya sebanyak tiga kali. Kemudian beliau mengguyurkan air ke seluruh tubuhnya." (HR Bukhari dan Muslim)

Pada dasarnya, tata cara mandi wajib ini sama baik karena junub maupun haid dan sebab lainnya. Mandi wajib diawali dengan membaca niat. Berikut bacaan niatnya untuk mandi wajib karena haid.

Niat Mandi Wajib setelah Haid
Berikut bacaan niat mandi wajib setelah haid.

Nawaitul ghusla liraf 'il hadatsil akbari fardhal lillaahi ta'aala.

Artinya: "Aku berniat mandi besar untuk menghilangkan hadas besar fardu karena Allah ta'ala."
Copyright © Tampang.com
All rights reserved