Mengenal 4 Jenis Cinta Kasih Menurut Pemahaman Kristen

Tanggal: 17 Apr 2018 11:43 wib.
Mengenal 4 Jenis Cinta Kasih Menurut Pemahaman Kristen

Kasih merupakan unsur yang terdapat dalam hidup manusia yang mampu menciptakan keharmonisan, kedamaian, serta hubungan sosial yang baik antara satu sama lain. Ada 4 jenis Cinta/Kasih menurut pemahaman Kristen, yaitu:

1. Kasih Agape

Kasih Agape adalah kasih tak bersyarat, Cinta kasih yang tetap mengasihi walaupun tak dikasihi. Kasih Agape biasanya dipergunakan umat Kristen untuk menggambarkan kasih Allah kepada manusia. Allah mengasihi manusia karena Allah itu adalah kasih, seperti yang tertulis dalam kitab 1 Yohanes 4:8 “...sebab Allah adalah kasih.”

2. Phileo

Phileo adalah kasih yang bias terjadi di lingkungan persaudaraan atau sahabat. Artinya, kkasih ini muncul karena adanya suatu hubungan saudara atau sahabat: kasih karena saling menguntungkan, kasih karena saling menyenangkan, kasih karena saling mengagumi.Phileo menggambarkan tentang hubungan kasih antara Kristus dengan para murid dan sahabat-Nya

3. Eros

Eros merupakan jenis kasih yang muncul karena ada perasaan menginginkan. Eros lebih sering digunakan untuk menggambarkan cinta kasih kepada lawan jenis. Kasih “eros” sering muncul secara tiba-tiba dan tanpa direncanakan. Secara kontekstual iman kristen, eros merupakan kasih yang perlu dijaga dalam hubungan suami-istri. Eros merupakan kasih yang melibatkan jiwa dan perasaan.

4. Storge

Merupakan kasih mesra orang tua terhadap anak dan sebaliknya.Storge merupakan hasil atau turunan dari eros.

 

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved