Mengapa Orang Religius Lebih Panjang Umur ?

Tanggal: 21 Mei 2018 15:28 wib.
Tampang.com – Siapa yang tidak ingin memiliki usia yang panjang? Setiap orang pasti menginginkannya bukan? Lalu apa sebenarnya yang menjadikan seseorang akan memiliki usia yang panjang?

Beberapa orang percaya bahwa seseorang bisa hidup lebih lama jika ia bisa menikmati hiudpnya dan mampu membahagiakan dirinya. Namun beberapa studi mendapatkan penemuan lain. Studi tersebut menjelaskan bahwa seseorang akan hidup lebih lama jika ia bisa memiliki keterikatan dengan agama.

Dalam penelitian JAMA Internal Medicine pada tahun 2016 menemukan bahwasannya seseorang yang mengikuti pengajian setidaknya 2 kali dalam seminggu akan memiliki resiko kematian 33 persen lebih rendah jika dibandingkan dengan orang lain yang tidak pernah mengikuti kegiatan agama.

Penelitian tersebut menunjukan bahwa untuk bisa hidup lebih panjang, seseorang tidak harus menjadi seorang ustad, imam, biarawati, pastor dll.

Salah seorang penulis untuk penelitian JAMA Tyler VanderWeele mengungkapkan bahwa faktor – faktor keagamaan, seperti halnya bersosialisasi, dukungan sosial, sikap optimis, memiliki kendali diri dan juga memiliki tujuan hidup yang jelas akan menjadi faktor yang memberi dampak terhadap umur yang panjang.

Selain itu, terdapat penelitian yang menjelaskan bahwasannya seseorang yang secara rutin menghadiri kegiatan agama mengalami penurunan tingkat stress tubuh secara signifikan. Ia akan memiliki harapan untuk hidup 55 persen lebih banyak dibandingkan mereka yang jarang mengunjungi tempat ibadah lainnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved