Masjid dengan Desain Unik dan Menakjubkan di Berbagai Negara

Tanggal: 7 Mei 2020 11:38 wib.
Masjid adalah tempat beribadah bagi umat muslim, di samping sebagai tempat beribadah sejumlah masjid juga dibangun dengan megah serta memiliki dekorasi dan arsitektur yang unik. Bila berbicara tentang desain masjid yang berkesan pastinya akan membayangkan masjid yang megah, besar serta dilengkapi dengan kubah masjid yang berukuran besar dan dihiasi ornamen-ornamen khas Timur Tengah. Akan tetapi ternyata, banyak sekali desain masjid yang memiliki gaya desain berbeda serta terlihat unik. Berikut ini adalah ragam desain masjid yang unik dari berbagai masjid yang ada di dunia :


Islamic Center Rijeka Kroasia


Desain masjid yang menghadap ke Laut Adriatik ini mirip dengan pesawat luar angkasa yang modern karena menerapkan gaya desain futuristik. Masjid ini berbentuk kubah sepenuhnya yang didominasi dengan warna keperakan.                              




Education City Mosque Qatar


Masjid yang berada di kompleks Education City dalam Ar Rayyan di Qatar ini memiliki desain yang sangat berbeda. Yakni desain modern yang futuristik, namun tetap bermakna filosofis. Makna filosofis tersebut tertuang dalam bentuk adanya lima kolom raksasa yang melambangkan lima pilar dalam ajaran Islam serta empat aliran air dari kebun-kebun di sekitarnya yang melambangkan anggur, susu, madu serta air.




Masjid Nasir Al-Mulk Iran


Masjid Nasir Al-Mulk memiliki interior yang sangat indah di mana masjid ini menggunakan banyak elemen kaca patri yang indah. Dan pada waktu tertentu ketika cahaya matahari menembus kaca patri, maka akan tampak berwarna seperti pelangi. Masjid ini dibangun pada masa Raja Mirza Hasan Ali Nasir al-Mulk yang berasal dari Dinasti Qajar. Dijuluki sebagai Pnk Mosque karena bagian lantai serta langit-langitnya berhiaskan ornamen cantik dengan dominasi warna pink.                                                                                                                                        


Masjid Sultan Ahmed Turki


Seringkali dijuluki dengan sebutan Blue Mosque, sesuai dengan warna biru yang mendominasi bangunan masjid. Dmulai dari kubah sampai dengan dinding keramiknya. Terletak tepat di sebelah Hagia Sophia, yaitu museum yang dulunya berfungsi sebagai gereja dan masjid pada era yang berbeda.                                                                               


Masjid Xi'an Cina


Merupakan masjid tertua yang berada di Tiongkok dan memiliki bangunan menyerupai kuil. Masjid Xi'an telah diresmikan oleh pemerintah setempat sebagai salah satu bangunan bersejarah di Tiongkok. Dibangun pada awal masa Dinasti Ming tahun 1368 dan masjid ini merupakan tonggak bersejarah terjadinya perkembangan Islam di negeri tirai bambu tersebut. 




Masjid Jamiul Alfar Sri Lanka


Memiliki ciri khas tersendiri yakni bangunan masjid yang didominasi warna merah bergaris putih. Mendapat julukan dari penduduk setempat dengan sebutan Samman Kottu Palli atau Mesjid Merah. Masjid ini dirancang oleh HL Saibo Lebbe, menggabungkan unsur kebudayaan Islam Asia Tenggara, India, Gotik serta Neo-Klasik.


Masjid Sentral Cologne Jerman


Dibangun pada tahun 2009 dan baru selesai tahun 2017 lalu, menjadi masjid terbesar di Jerman. Memiliki daya tampung 4.000 jemaah dan selain itu juga memiliki area pertokoan untuk menunjang interaksi antar umat beragama.



Sangat menarik ya beragam arsitektur masjid-masjid  di atas? Masjid yang berada di Indonesia memiliki ciri khas tersendiri, yang berbeda dengan masjid di negara lain. Ciri-ciri tersebut di antaranya adalah :


Ciri khas yang paling utama dengan masjid yang ada di Indoensia adalah kubah masjid. Pada umunya masjid di Indonesia memiliki atap yang bersusun, makin ke atas makin kecil serta tingkatan atas biasanya berbentuk limas.
Jumlah atap selalu ganjil.
Pada beberapa masjid khas Indonesia mempunyai menara sebagai tempat menyuarakan adzan dan memukul bedug.


Kini seiring dengan perkembangan jaman, kubah masjid beraneka ragam bentuknya dan beragam pula warnanya. Kubah masjid yang paling sering digunakan di antaranya adalah kubah enamel, kubah grc, kubah galvalum dan kubah stainless. Kubah tidak hanya sebagai penentu arah kiblat tetapi juga sebagai lambang keindahan. Selain itu juga memudahkan pencarian ketika orang-orang mencari masjid.

Berencana untuk mengganti kubah masjid dengan kualitas terbaik dan tahan lama? CV Asia Jaya Kubah sebagai kontraktor kubah masjid dapat memberikan yang terbaik. Konsultasikan kebutuhan kubah anda dengan Kami dan dapatkan harga kubah masjid terbaik dengan kualitas nomor satu. Dikerjakan oleh team profesional dan pemasangan kubah akan tepat waktu sesuai dengan permintaan anda. Hubungi Kami untuk konsultasi secara gratis di nomor 082333252491 atau dapat menghubungi alamat email berikut ini asiajayakubah@gmail.com.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved