Masih Ragu untuk Menikah? Baca Dulu 5 Hal ini!

Tanggal: 16 Apr 2017 08:38 wib.
Anda sudah punya calon? Tapi belum berani menikah karena terlalu banyak memikirkan ini dan itu? Baca 5 hal  berikut:

1. Resepsi Bukan Rukun Menikah

BIla Anda ragu menikah karena soal pesta pernikahan Anda, ingat sobat bahwa pesta pernikahan yang megah bukan menjadi rukun dalam pernikahan.


Rukun pernikahan hanya terdiri dari lima rukun, yakni: Laki-laki sebagai calon suami, perempuan untuk menjadi istri, wali yang adil, dua orang saksi yang adil, dan ijab qabul.


Jadi, tanpa resepsi pun, pernikahan Anda sah ko. Atau, jika Anda masih tetap ingin adanya resepsi, bisa Anda ambil di lain waktu yang saat itu Anda sudah sangat siap. Hal terpenting, halalkan dulu aja!

2. Sederhana Mahar

Bila Anda ragu menikah karena harus menyiapkan mahar yang “wah”, dari mana Anda memiliki pemikiran seperti itu? Sedangkan Rasulullah SAW saja, menyampaikan:


“Pernikahan yang paling besar keberkahannya ialah yang paling mudah maharnya.” (HR. Ahmad)


Bila mahar menjadi faktor yang membuat Anda ragu, apa kurang yakin Rasulullah SAW sudah memberikan penjelasan seperti itu? Lalu, gimana kalau pihak perempuan tetap ingin maharnya "wah"?


“Di antara tanda-tanda dekatnya hari Kiamat adalah sedikitnya ilmu (agama), merajalelanya kebodohan dan perzinahan, dan sedikitnya kaum laki-laki, sehingga lima puluh orang wanita hanya terdapat satu orang pengurus (laki-laki) saja” (HR. Al-Bukhari Muslim)


Berikanlah penjelasan kepada pihak perempuan, jika terus menunda, sama saja memberikan ketidakpastian. Apalagi, Rasulullah SAW lagi-lagi menyampaikan:


Sebaik-baik pernikahan ialah yang paling mudah. (HR. Abu Dawud, Al-Irwaa’ (VI/345)


3. Rezeki yang tidak Terduga

Bila Anda ragu menikah karena dompet Anda “tipis”, mulailah meyakinkan diri bahwa semua rizki adalah milik Allah SWT, sobat! Coba, kali ini Allah SWT berfirman:


“Dan nikahkanlah orang-orang yang masih membujang di antara kamu, dan juga orang-orang yang layak (menikah) dari hamba-hamba sahayamu yang laki-laki dan perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memberikan kemampuan kepada mereka dengan karunia-Nya. Dan Allah Mahaluas (pemberian-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (Qs. an-Nur [24]: 32)


Masa sama manusia aja kita sebegitu yakin meski kadang di-PHP-in, tapi sama Allah SWT yang Maha Benar kita gak yakin?

4. Menjaga dari Fitnah

Bila Anda ragu menikah karena masih terlalu lama untuk berada dalam kondisi “saling mengenal”, segeralah menikah! Kenapa? Karena bila ketika ada seseorang yang sudah siap datang untuk meminang dan menikah, namun Anda tolak, coba perhatikan apa yang disampaikan Rasulullah SAW dalam hadits ini:


“Apabila seseorang yang kalian ridhai agama dan akhlaknya datang kepada kalian untuk meminang wanita kalian, maka hendaknya kalian menikahkan orang tersebut dengan wanita kalian. Bila kalian tidak melakukannya niscaya akan terjadi fitnah di bumi dan kerusakan yang besar.” (HR. At-Tirmidzi no. 1084, Ash-Shahihah no. 1022)


Emang mau kalau ternyata Anda menjadi gara-gara terjadinya fitnah di bumi dan kerusakan yang besar? Jangan sampai deh.

5. Berjuang Bersama Lebih Asyik

Bila Anda ragu menikah karena belum mapan, berjuang bersama lebih asik loh! Coba, saat Anda berjuang bersama, Anda bisa melihat bagaimana kegigihan pasangan Anda nanti setelah menikah membersamai Anda. Saat jatuh, ada yang bisa mendorong untuk bangkit. Saat Anda sukses, ada yang bisa bersama-sama menikmati hasil perjuangannya. Lihat saja bagaimana cintanya Rasulullah SAW kepada Khadijah RA yang setia menemani di kala Rasulullah SAW berjuang pada awal-awal masa dakwahnya?


“Tidak demi Allah, Allah tidak akan memberi ganti padaku dengan wanita yang lebih baik darinya. Dia beriman kepadaku saat manusia mendustakanku, memberikan kepadaku saat manusia menghalangiku, mendukungku dengan harta bendanya saat manusia menolakku dan Allah mengaruniakan kepadaku anak darinya saat Dia menghalangiku memiliki anak-anak dari wanita lain.” (HR. Bukhari)


Setelah membaca lima hal tersebut, apakah Anda  masih ragu? Tapi, kalo urusannya karena belum ada calon, itu hal yang lain ya. :)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved