Sumber foto: pinterest

Malam 1 Suro Amalan Pelebur Dosa Diungkap Gus Baha

Tanggal: 8 Jul 2024 23:15 wib.
Kini kita sudah memasuki tahun baru Islam, 1 Muharram 1446 Hijriyah. Dalam kalender nasional, 1 Muharram jatuh pada Minggu, 6 Juli 2024.

Muharram dalam penanggalan Jawa disebut Suro. Sementara, pergantian tahun terjadi pada petang (malam) hari, sehingga populer disebut malam 1 Suro.

Jangan Sampai Terlewat! Ini Amalan Terbaik Malam 1 Suro, Perspektif Islam

Umat Islam sebentar lagi akan meninggalkan tahun 1445 H dan memasuki tahun baru Islam yakni 1 Muharram 1446 H.

Dalam kalender hijriyah 1 Muharram itu sama dengan 1 Suro dalam kalender Jawa. Pun demikian perihal pergantian harinya juga sama yakni ketika matahari tenggelam dan bulan muncul di ufuk timur.

Berdasarkan rilis Kementerian Agama 1 Muharram 1446 bertepatan dengan Minggu, 7 Juli 2024. Jadi, pada Sabtu malam, 6 Juli 2024, kita sudah memasuki malam tahun baru Islam.

Islam mengajarkan amalan-amalan di bulan Suro atau Muharram yang dapat juga dilaksanakan di malam 1 Suro atau 1 Muharram. Berikut ini beberapa amalannya.

Amalan Penghapus Dosa di Malam 1 Suro atau Muharram dari Gus Baha, yang Lalu dan Akan Datang

Ulama zuhud yang merupakan Pengasuh Ponpes LP3iA, Narukan, Rembang, Jawa Tengah yakni KH Ahmad Bahauddin Nursalim atau Gus Baha mengijazahkan amalan yang dilakukan di malam 1 Suro atau 1 Muharram.

Amalan yang dikemukakan santri kinasih Mbah Moen ini ialah seputar amalan penghapus dosa. Baik dosa tersebut dilakukan secara tidak sengaja ataupun yang terang-terangan.

Sebagaimana kita ketahui, bulan Muharram merupakan bulan pertama dalam kalender hijriyah dan kalender Jawa yang disebut sebagai bulan Suro.

Sebagai salah satu bulan mulia dalam Islam, tentu saja dalam bulan ini baik sekali sebagai momentum meningkatkan amal ibadah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved