Sumber foto: Google

Lailatul Qadar: Malam yang Penuh Berkah di Bulan Ramadhan

Tanggal: 2 Apr 2024 14:44 wib.
Saat bulan suci Ramadhan tiba, umat muslim di seluruh dunia dituntut untuk meningkatkan ibadah dan taqwa kepada Allah SWT. Bulan yang penuh berkah ini juga diwarnai dengan malam yang istimewa, yaitu Lailatul Qadar. Lailatul Qadar, yang juga dikenal sebagai Malam Kedua Puluh Tujuh di bulan Ramadhan, merupakan malam yang penuh rahmat, ampunan, dan keberkahan. Dalam Islam, malam ini memiliki kedudukan yang sangat istimewa karena didalamnya diturunkan Al-Quran, kitab suci umat Islam.

Tanda-tanda Kedatangan Lailatul Qadar

Malam Lailatul Qadar memiliki tanda-tanda khusus yang dapat dikenali sebagai pertanda kehadiran malam yang penuh berkah tersebut. Di antara tanda yang sering disebutkan dalam hadis Nabi Muhammad SAW adalah perasaan tenang dan damai yang dirasakan dalam malam tersebut. Selain itu, langit juga terlihat cerah tanpa awan meskipun pada malam lainnya mungkin tidak demikian. Ada juga riwayat yang mengatakan bahwa bau harum yang tidak sedap tidak akan tercium pada malam Lailatul Qadar.

Kapan Lailatul Qadar Datang?

Dalam menentukan kedatangan Lailatul Qadar, umat Muslim umumnya mengacu pada tanda-tanda yang telah disebutkan di atas. Namun, secara umum, Lailatul Qadar diperkirakan jatuh pada salah satu malam ganjil di 10 terakhir bulan Ramadhan, dengan kemungkinan paling besar pada 21, 23, 25, 27, atau 29 Ramadhan. Nabi Muhammad SAW juga pernah memberikan petunjuk bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam dengan cuaca yang sejuk, tidak terlalu dingin dan tidak terlalu panas.

Keistimewaan Beribadah di Malam Lailatul Qadar

Merayakan malam Lailatul Qadar dalam aktivitas ibadah memiliki keistimewaan yang sangat besar dalam Islam. Allah SWT berfirman dalam Al-Quran, "Malam Lailatul Qadar yang lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun para malaikat serta Ruh (malaikat Jibril) dengan izin Tuhannya untuk mengatur segala urusan." Dengan keutamaan tersebut, umat muslim dianjurkan untuk memperbanyak ibadah, dzikir, shalat, dan membaca Al-Quran pada malam Lailatul Qadar.

Kesimpulan

Lailatul Qadar merupakan malam yang penuh keberkahan dan rahmat yang sangat istimewa di bulan Ramadhan. Dengan mengetahui tanda-tanda kedatangan Lailatul Qadar dan keutamaan beribadah di malam tersebut, umat muslim diharapkan dapat memanfaatkan kesempatan berharga ini dengan sebaik-baiknya. Semoga dengan meningkatkan ibadah dan taqwa, umat muslim dapat merasakan keberkahan dan keampunan Allah SWT di malam Lailatul Qadar.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved