Keutamaan Melaksanakan Ibadah Umroh

Tanggal: 26 Jan 2023 14:18 wib.
Meski bukan yang utama, ibadah umroh tak kalah istimewanya dengan Haji. Ibadah Umroh menjadi pilihan alternatif bagi mereka yang belum berkesempatan berhaji ke Tanah Suci. Terlebih bagi masyarakat Indonesia. Sistem kuota membuat antrean pergi haji cukup lama.  Meski bukan yang utama, ibadah umroh tak kalah istimewanya dengan Haji. 

Beberapa keutamaan melaksanakan ibadah umroh adalah sebagai berikut :

Ibadah Umrah yang satu kepada Umrah berikutnya adalah Kaffaroh atau penghapus dosa

Allah SWT akan menghapus dosa-dosa kita di antara pelaksanaan umroh yang satu dengan umroh berikutnya. Sederhananya begini, bila 5 atau 10 tahun lalu kita sudah melaksanakan Umroh, selanjutnya tahun berkesempatan lagi untuk melakukan umroh, maka dosa-dosa di antara kedua waktu umroh tersebut akan diampuni Allah SWT.

Umrah adalah jihad bagi para wanita dan orang yang lemah

Para ibu dan kaum wanita umumnya serta mereka yang lemah fisik pada masa Rasullullah, tak bisa ikut berjihad atau berperang. Namun mereka masih mendapatkan fadillah pahala jihad dengan cara melaksanakan ibadah umroh.

Jemaah Umrah adalah tamu-tamu Allah yang doanya dikabulkan

Ibadah Haji dan umroh menjadi istimewa karena orang yang datang ke Tanah Suci untuk menunaikan ibadah tersebut adalah tamu Allah SWT. Begitulah biasa disebut dan memang Rasulullah SAW menyebutkannya demikian. Jemaah Haji dan umroh adalah tamu undangan Allah SWT sehingga apa yang diminta sang tamu akan dikabulkan oleh-Nya. Ini adalah bentuk keistimewaan yang paling istimewa.

Wafat saat menjalankan ibadah Umrah pahalanya dicatat sampai hari kiamat

Keutamaan orang-orang yang wafat dalam perjalanan untuk melaksanakan ibadah Haji dan umroh, serta keutamaan orang yang wafat dalam keadaan berihram (di tengah pelaksanaan ibadah Haji dan umroh) adalah mendapatkan anugerah pahalanya dicatat sampai hari kiamat. Semuanya termaktub jelas dalam hadits.

Ibadah Umrah bisa menghilangkan kefakiran

Bila kita melihat saudara kita yang setelah pulang dari Haji atau umroh maka terlihat kehidupannya semakin baik, rezekinya mengalir terus dan keluarganya bertambah berkah, itulah salah satu fadillah ibadah tersebut. Seluruh biaya yang digunakan untuk berangkat Haji dan umroh akan diganti oleh Allah SWT dengan berlipat-lipat.

Fadillah pahala satu kali Umrah dengan salat dua rakaat di Masjid Quba

Shalat di Masjid Quba memiliki keutamaan tersendiri. Menurut Hadits Nabi SAW yang diriwayatkan oleh Abu bin Sahl bin Hunaif RA, ia pernah mendengar Rasulullah SAW bersabda: " Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian mendatangi Masjid Quba, lalu ia salat di dalamnya, maka baginya pahala seperti pahala Umroh" . (HR. Tirmizi no. 298, Ibnu Majah no. 1401)

Masjid Quba ini terletak di luar kota Madinah. Jadi, mengingat fadillah salat di Masjid Quba yang sangat besar, maka bila kita sudah berada di Madinah dalam rangka menjalankan ibadah umroh atau Haji, jangan sampai lupa melakukan shalat di Masjid Quba.

Fadillah umroh Ramadhan adalah haji bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam

Siapa yang tidak ingin mendapat fadillah haji bersama Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam. Pasti semua kaum muslimin mengharapkan meraih fadillah tersebut. Caranya adalah melaksanakan ibadah umroh pada bulan Ramadhan.

Dari Ibnu abbas radhiallaahu anhu meriwayatkan bahwa Ummu Salaim radhiallaahu anhu pernah datang kepada Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, dan berkata: “Ya Rasulullah (suamiku) Abu Thalhah dan puteranya telah pergi menunaikan haji dan meninggalkan aku di rumah. “Rasulullah shalallahu ‘alaihi wassalam, menjawab “Wahai Umu Sulaim, melakukan satu umroh di dalam bulan Ramadhan adalah sama ganjarannya dengan haji yang dilakukan bersamaku. Umroh pada bulan Ramadhan itu bagaikan haji bersamaku (Nabi saw).” (Shahih; Shahih Al-Jami’ hadits no. 4098).



 Bisa melakukan badal umroh bagi keluarga

Badal umroh atau mengumrohkan seseorang, khususnya orang tua atau keluarga, dibolehkan dengan syarat tertentu.  Sebagian ulama berpendapat bahwa umroh hukumnya sunnah, sehingga tidak ada kewajiban bagi seseorang atau ahli waris untuk mengumrahkan orang tuanya yang sudah udzur atau meninggal dunia. Kecuali jika orang tuanya pernah berniat atau bernazar untuk melaksanakan umroh, maka anaknya (ahli warisnya) yang memiliki kemampuan harus menunaikan nazar kedua orang tuanya.

Bisa memperoleh fadillah pahala umroh berkali-kali

Para jamaah umroh selama mukim di Madinah maupun Makkah, maka tidak ada kegiatan lain kecuali tiga hal. Yaitu, sholat berjamaah ke Masjid Nabawi atau Masjidil Haram, berzikir-berdoa-dan tadarus Al Qur’an serta makan dan tidur. Kegiatan plusnya adalah jalan-jalan atau ziarah dan belanja he..he..

Dengan begitu sebenarnya banyak waktu luang bagi jamaah karena tidak ada kegiatan bekerja dan urusan keluarga sebagaimana di tanah air. Selain ibadah wajib, jamaah umroh bisa lebih bebas melakukan ibadah sunah, baik di malam hari maupun di waktu dhuha. Namun ada satu ibadah yang kadang sulit dilakukan di tanah air karena kesibukan pekerjaan, yaitu ibadah seusai sholat subuh hingga waktu matahari terbit tiba dengan dilanjutkan ibadah sholat dua rakaat.

Apakah Anda berencana untuk melaksanakan umroh dalam waktu dekat? Bagi Anda yang berada di kota Jogjakarta, Dewangga Jogja adalah salah satu Biro Travel Umroh & Haji terbaik. Di mana biaya umroh dijelaskan secara rinci. Anda tidak perlu khawatir jika biaya umroh tersebut kemahalan karena semuanya sudah dijelaskan secara terperinci.

Biro Travel Haji dan Umroh Jogja Dewangga telah berhasil memberangkatkan ribuan jamaah. Dan semua jamaah merasa puas karena dapat berangkat sesuai jadwal, mendapat pelayanan terbaik serta Insha Allah mendapat umroh yang mabrur. Memiliki izin resmi Kemenag dan telah berpengalaman, memakai hotel berjarak terdekat di kelasnya sesuai pilihan paket. Yuk segera bergabung bersama kami!

 

 

Kantor Jogja:

Jl. Damai No. 53, Sariharjo, Ngaglik, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta 55581

(Jl. Kaliurang KM. 8 ke Barat 1 KM)

HP/WA : 082281181160
Copyright © Tampang.com
All rights reserved