Keutamaan Berwudhu dari Sisi Agama dan Kesehatan

Tanggal: 23 Des 2017 13:53 wib.
Pernah di suatu malam, ketika ada seorang sepupu yang menginap dia bilang padaku, “ Tunggu aku wudhu dulu ya.” Itu yang ia ucapkan ketika kita hendak tidur. Rasanya, yang umum dilakukan sebelum tidur adalah pergi ketoilet dahulu untuk cuci kaki dan juga gosok gigi. Sebenarnya aku pernah mendengar tentang keutamaan wudhu sebelum tidur ini. Namun hanya sekilas saja. Nah, ternyata keutamaan wudhu itu sungguh banyak lho. Baik itu dari sisi agama itu sendiri maupun dari sisi kesehatan. Kita lihat yuk apa saja keutamaan berwudhu!

 

Dengan berwudhu sebelum tidur, kita akan didoakan oleh malaikat

Dalam sebuah hadist disebutkan, “Barangsiapa tidur di malam hari dalam keadaan suci (berwudhu) maka malaikat akan tetap mengikuti, lalu ketika ia bangun niscaya malaikat itu akan berucap ‘Ya Allah ampunilah hamba mu si fulan, kerana ia tidur di malam hari dalam keadaan selalu suci’” (H.R. Ibnu Hibban dari Ibnu Umar r.a.)

 

Wudhu adalah sebagian dari iman

Dalam sebuah hadist disebutkan, “Wudhu sebagian dari iman.” (H.R. At Tirmidzi). Allah suka kebersihan dan keindahan, dan dengan berwudhu berarti kita punya waktu khusus setidaknya minimal 5 kali sehari setiap hari untuk membersihkan diri.

 

Gerakan-gerakan wudhu ternyata sangat bermanfaat bukan hanya dari sisi agama, namun dari sisi kesehatan. Berikut adalah manfaat berwudhu bagi kesehatan:

Membersihkan tangan sama dengan mencegah sesuatu masuk ke dalam tubuh kita dengan keadaan kotor. Tak dipungkiri, bahwa tangan adalah anggota tubuh yang paling sering kita gunakan ketika makan, menyentuh anggota tubuh lainnya (misalnya: menggaruk).

 

Memasukkan air ke dalam hidung dan mengeluarkan air dari hidung setelahnya ternyata bermanfaat untuk kesehatan hidung kita termasuk juga mencegah munculnya berbagai penyakit terkait dengan telinga, hidung dan tenggorokan.

 

Membasuh wajah dengan air pun mempunyai manfaat, ketika kita membasuk wajah kita dengan air wudhu, saat itulah juga kita membersihkan wajah kita dari debu dan kotoran-kotoran yang kasat mata. Selain itu, air wudhu juga membuat kulit wajah kita terjaga tetap lembab.

 

 

Melakukan kumur-kumur ketika berwudhu adalah saatnya kita membuang semua kuman penyakit yang mungkin bersarang di mulut kita. Setidaknya ada 5 kali kita melakukan hal ini.

 

Hal yang sama juga kita lakukan ketika kita membasuk lengan, kepala, juga kaki kita. Berwudhu inilah kesempatan kita untuk ‘beberesih’ diri dari segala masam kotoran.

Yuk, kita mencoba untuk bisa menjaga wudhu kita!
Copyright © Tampang.com
All rights reserved