Kamu Harus Tahu! Inilah Tata Cara Berdoa yang Benar

Tanggal: 28 Feb 2018 00:00 wib.
Tampang.com - Berdoa adalah salah satu cara kita untuk meminta sesuatu kepada Allah SWT. Pasti setiap orang menginginkan doanya terkabul.

Bagaimana carnya supaya doa kita terkabul? Berikut 10 cara berdoa yang benar.

Pilih waktu yang mulia

Saat kita berdoalah di waktu-waktu yang mulia, seperti hari Arafah atau bulan Ramadhan, hari Jumat, dan sepertiga malam.

Saat berlangsung peristiwa mulia

Saat ada peristiwa mulia dianjurkan berdoa pada waktu adanya peristiwa mulia. Misalkan, saat turun hujan, saat dilangsungkan shalat fardhu, atau berdoa di antara azan dan iqomah.

Berdoa menghadap kiblat

Ketika berdoa hendaknya menghadap kiblat seraya mengangkat kedua telapak tangannya. “Angkatlah tangan-tangan kalian ini (untuk berdoa) sebelum ia terikat dengan belenggu.” Abu Darda’ r.a.

Lembutkan suara

Melembutkan suara hendaknya seseorang berdoa dengan suara yang lembut yaitu dengan suara antara suara yang lembut, antara berbisik dan mengeraskan suaranya. Seperti firman Allah, “Berdoalah kepada Tuhanmu dengan berendah diri dan suara yang lembut.” (Q.S. Al-A’raf ayat 55)

Tidak memaksakan kehendak

Ketika berdoa, sebaiknya Anda tidak memaksakan kehendak Anda. Sejatinya, orang berdoa dalam keadaan merendahkan diri dihadapan Allah. Jangan memaksakan kehendak Anda, berdoalah dengan penuh kepasrahan, urusah hasil, serahkan semua sama Allah. Karena Allah yang Maha Mengetahui hal terbaik untuk hambanya.

Khusyuk

Berdoalah dengan khusyuk, rasakan kehadiran Allah di sekitar Anda. Berdoalah seolah Anda benar-benar sedang merendah dan meminta kepada zat yang Maha Agung.

Yakin

Ketika berdoa, maka berdoalah dengan perasaan penuh keyakinan bahwa doa Anda akan dikabul. Namun, jangan salah, pengkabulan doa itu ada tiga yaitu ya, akan Allah kabulkan sekarang, ya, akan Allah kabulkan nanti menunggu waktu yang tepat, ya, akan Allah kabulkan namun digantikan dengan hal yang lebih baik menurut Allah.

Mengulang-ulang doa

Cara ini dilakukan bukan karena kita tidak yakin akan pengkabulan doa. Namun, hal ini dilakukan untuk menunjukkan seberapa besar keinginan kita dan kebutuhan kita.

Mengawali dengan zikir

Sebelum berdoa, mulailah dengan berzikir. Menyebut nama Allah merupakan salah satu hal yang bisa menyebabkan terkabulnya doa kita. Seperti yang dikatakan oleh Salamah Ibn Al-Akwa, “Tak pernah kulihat Rasulallah SAW. Berdoa, kecuali membaca zikir: Subhana rabbi Al-‘Aliyy Al-A’la Al-Wahhab.”

Adab batiniah

Adab ini sangat penting untuk terkabulnya doa Anda. Salah satu adab batiniah yaitu tobat. [Nsw/Red]
Copyright © Tampang.com
All rights reserved