Hal-hal yang bisa Mengurangi Kualitas Puasa

Tanggal: 4 Jun 2017 15:13 wib.
Tampang.com - Berpuasa di bulan suci Ramadhan merupakan hal yang sangat di nantikan oleh seluruh umat muslim di dunia. Pahala akan dilipat gandakan di bulan Ramadhan ini, oleh karena itu manfaatkanlah sebaik mungkin dengan memperbanyak tilawah Al-Qur’an, sholat malam, sedekah dan lakukanlah kegiatan sunah lainnya. Namun waspadalah terhadap hal-hal yang dapat mengurangi kualitas puasa sehingga pahala yang akan didapat berkurang bahkan hilang sama sekali. Ustadz DR. Firanda Andirja, Lc MA hafizhahullaah menjabarkan hal-hal yang bisa mengurangi kualitas puasa seperti berikut ini :

1. Jauhi ghibah.. Ghibah atau bergunjing dapat menggugurkan pahala puasa bahkan ada pula ulama yang berpendapat bahwa ghibah dapat membatalkan puasa. Jauhi ghibah baik itu membaca maupun menonton berita ghibah.

2. Tundukkan pandangan.. Hal ini juga sulit dilakukan karena tak hanya dapat dilihat secara langsung namun di media sosialpun bertebaran foto yang dapat mengikis pahala akibat melihat aurat wanita yang terpajang di Fb atau media sosial lainnya. Gunakanlah pandangan untuk melihat hal-hal yang positif.

3. Jauhi menghabiskan waktu untuk menonton sinetron maupun game.. Lakukanlah kegiatan yang lebih bermanfaat yang dapat menambah pahala selama berpuasa.

4. Kurangi ngobrol dengan makhluk.. Lebih baik isi dengan membaca Al-Qur’an yang dapat menenangkan, melembutkan dan membahagiakan hati.

5. Memasak di dapur memang penting namun bukan yang terpenting.. Jangan sampai karena asik masak di dapur jadi mengabaikan membaca Al-Qur’an.

6. Semangat beribadah tapi jangan sampai riya.. Hindari menulis status di media sosial setelah beribadah karena dapat mengikis pahala ibadah. Contoh : Alhamdulillah sudah khatam AL-Qur’an 3 kali.

7. Lakukanlah I’tikaf sebagai sarana mendekatkan diri pada Allah.. Gunakan waktu untuk beri’tikaf namun jangan sampai dijadikan sebagai sarana untuk mengobrol di masjid dengan dalih i’tikaf.

8. 10 malam terakhir di bulan Ramadhan gunakanlah untuk mengejar lailatul qodar.. Jangan habiskan waktu beribadah dengan jalan ke Mall maupun tempat lainnya yang bukan merupakan sarana untuk beribadah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved