Setya Novanto Akan Menjalani Hukumannya Di Lapas Sukamiskin Bandung

Tanggal: 5 Mei 2018 18:03 wib.
Terpidana kasus korupsi e-KTP, Setya Novanto mulai menjalani hukumannya di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Setya Novanto terlihat santai mengenakan kaos dan jaket kulit serta celana jeans biru tua. Sebelum menaiki mobil yang akan mengantarnya ke Lapas Sukamiskin, ia sempat menemui awak media yang sudah menunggnya sejak pagi.  

Ia berpamitan kepada awak media yang telah menunggunya dari pagi. "Saya sekarang mau pamit," ujar Setya di depan Rumah Tahanan Klas 1 Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Jumat (4/05/2018)

Pada kesempatan itu, Novanto menyampaikan permohonan maaf melalui awak media.

"Sekali lagi, saya mohon maaf sebesar-besarnya," ucap Novanto.

Novanto mengaku, saat tiba di Lapas Sukamiskin nantinya ia akan menggunakan waktunya untuk belajar agama.

Setelah itu, Novanto langsung menaiki mobil tahanan sekitar pukul 12.32 WIB. Mantan Ketua DPR itu terlihat sesekali tersenyum dan melambaikan tangan sebelum memasuki mobil tahanan yang ditumpangi mengantarnya ke Lapas Sukamiskin.

Juru bicara KPK, Febri Diansyah mengatakan bahwa Setya Novanto akan menjalani hukuman penjara di Lapas Sukamiskin sesuai dengan putusan Pengadilan Tindak Pidana Korupsi.  

"Setya akan di eksekusi ke Lapas Sukamiskin," Katanya.

Seperti diketahui sebelumnya Setya Novanto telah divonis oleh hakim dengan hukuman kurungan 15 tahun penjara karena terbukti melakukan tindakan pidana korupsi pada proyek pengadaan e-KTP. Selain itu, Novanto juga harus membayar denda sebesar Rp 500 juta dengan subside kurungan 3 bulan.

Hakim juga mewajibkan Setya Novanto membayar uang pengganti senilai US$ 7,3 juta dikurangi Rp 5 miliar seperti yang sudah dikembalikan. Tak hanya itu, hak politik Setya juga dicabut selama lima tahun setelah menjalani masa hukuman.

 

*dilansir dari laman tempo.co
Copyright © Tampang.com
All rights reserved