Seoul: Pyongyang Bukan Tempat Pertemuan AS-Korea Utara

Tanggal: 2 Mei 2018 17:59 wib.
Kantor kepresidenan Korea Selatan mengatakan Pyongyang tidak termasuk dalam daftar tempat yang mungkin untuk KTT Korea Utara yang akan datang, selama Presiden Moon Jae-in dan percakapan telepon pemimpin AS Donald Trump pada hari Sabtu.

Seorang pejabat kepresidenan senior mengatakan kepada wartawan bahwa dari dua sampai tiga tempat kedua pemimpin membahas, "Pyongyang tidak disebutkan" dan tidak ada pembicaraan mengenai "di mana Korea Utara akan lebih suka" untuk mengadakan KTT, Yonhap melaporkan. 

Ketika ditanya tentang kemungkinan pertemuan Trump-Kim yang diadakan di desa perbatasan antar-Korea Panmunjom, pejabat itu mengatakan dia tidak tahu dan menyarankan presiden AS akan mengumumkan lokasi dalam beberapa hari.

Trump, minggu ini, tampaknya menunjukkan antusiasme tentang mengadakan pembicaraan KTT di Panmunjom, di mana KTT antar-Korea berlangsung pekan lalu.

Mengenai apakah Moon dan Trump telah berbicara tentang deklarasi untuk mengakhiri perang di Semenanjung Korea, selama 75 menit panggilan telepon mereka, pejabat senior mengatakan masalah itu belum dibahas tetapi bahwa presiden AS pertama kali menyebutkan "mengakhiri perang."

Kedua Korea secara teknis masih berperang karena Perang Korea 1950-53 berakhir dengan gencatan senjata, bukan perjanjian damai.

Trump telah menyatakan dukungan untuk dua langkah Korea untuk mengakhiri perang, yang dinyatakan dalam Deklarasi Panmunjom mereka pada hari Jumat.

KTT Korea Utara-Utara diperkirakan akan diadakan dalam tiga hingga empat minggu ke depan, kata Trump pekan lalu.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved