Sumber foto: google

Muhaimin Iskandar Menyambut Baik Kehadiran Anies Baswedan di Pilgub Jakarta

Tanggal: 28 Mei 2024 22:01 wib.
Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa atau PKB, Muhaimin Iskandar, menyatakan kegembiraannya dengan kembalinya Anies Baswedan sebagai calon gubernur dalam Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. Anies merupakan rekan Muhaimin dalam Pemilihan Presiden 2024.

Muhaimin mengungkapkan perasaannya di Kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta Pusat, pada Selasa, 28 Mei 2024. “Saya sangat senang melihat Anies diusung. Itu adalah bagian dari kerjasama yang telah terjalin selama ini,” ujarnya.

Menurut Cak Imin, keputusan PKB untuk mengusung Anies dalam Pilkada Jakarta masih menunggu keputusan bersama Dewan Pimpinan Wilayah dan Dewan Pimpinan Cabang PKB. rekomendasi PKB untuk mendukung Anies akan dibahas dalam waktu dekat.

“Kami akan mendiskusikan semua pilkada termasuk DKI pada akhir bulan ini," tambah Cak Imin.

Sebelumnya, Dewan Pimpinan Wilayah Partai Keadilan Sejahtera DKI Jakarta sudah menyetujui pencalonan Anies Baswedan sebagai bakal calon gubernur Jakarta. Namun, Dewan Pengurus Pusat (DPP) PKS memiliki pandangan berbeda terkait pencalonan Anies Baswedan di pemilihan kepala daerah atau Pilkada Jakarta.

DPP PKS menegaskan akan memberikan prioritas kepada kader internal untuk maju dalam Pilkada Jakarta. Sementara itu, DPW PKS Jakarta sebelumnya mengusulkan Anies sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jakarta 2024.

Koordinator Juru Bicara PKS Ahmad Mabruri menyatakan, Presiden PKS Ahmad Syaikhu telah menyatakan akan berupaya mengusung kader internal dalam kontestasi pemilihan kepala daerah.

"Dengan demikian, PKS memiliki sejumlah nama potensial yang masih sedang dalam pembahasan untuk diusung di Pilkada Jakarta," ujarnya.

Terlepas dari itu, Ketua DPP PKS Bidang Hubungan Masyarakat telah mengonfirmasi usulan DPW PKS Jakarta tentang pencalonan Anies sebagai bakal cagub Pilkada Jakarta. Namun, ia menegaskan bahwa keputusan berada di meja DPP.

Sebelumnya, Ketua DPW PKS Jakarta Khoirudin telah mengumumkan bahwa PKS akan mengusung Anies dalam pemilihan gubernur Jakarta 2024. Dia menyebut keputusan ini muncul setelah rapat Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah yang dilaporkan ke DPP PKS.

“Saya selaku Ketua DPW PKS Jakarta telah rapat dengan Dewan Pimpinan Tingkat Wilayah, yang juga sudah kita laporkan ke DPP, bahwa calon gubernur dari PKS adalah Anies Rasyid Baswedan. Juga beliau inkumben dan sampai hari ini belum ada perubahan,” ujar Khoirudin kepada Tempo.

Khoirudin menuturkan, keputusan PKS mencalonkan Anies setelah penjajakan dengan mitra Koalisi Perubahan di Pilpres 2024. Meski begitu, Khoirudin belum mengungkapkan siapa pendamping Anies di pemilihan nanti.

Dengan keputusan tersebut, dapat dilihat bahwa Anies Baswedan mendapat dukungan yang kuat dari beberapa partai politik yang tergabung dalam Koalisi Perubahan. Hal ini tentu dapat menjadi modal kuat dalam menghadapi Pilgub Jakarta 2024 dan memberi harapan kepada masyarakat Jakarta untuk memperoleh pemimpin yang kompeten dan berkomitmen dalam membangun ibu kota. Sentimen positif terhadap Anies juga dapat menjadi salah satu faktor penentu dalam memengaruhi opini publik terhadap calon gubernur tersebut. Muhaimin Iskandar sendiri dapat membantu dalam memperkuat citra Anies sebagai figur yang diterima oleh berbagai kalangan masyarakat. Dengan demikian, kemungkinan besar bahwa Anies Baswedan dapat memperoleh dukungan yang kuat dalam upayanya memenangkan Pemilihan Gubernur Jakarta 2024. DPP PKB dan PKS perlu mencermati dengan baik dukungan yang diberikan oleh beberapa partai politik tersebut agar dapat memanfaatkannya dengan sepenuhnya dalam memetakan strategi kemenangan Anies Baswedan di Pilgub Jakarta nanti. Menariknya, kehadiran Anies Baswedan dalam Pilgub Jakarta 2024 juga memberikan peluang bagi partai politik untuk terus memeriahkan demokrasi di Indonesia, sekaligus menumbuhkan semangat politik publik, terutama di kalangan kaum milenial.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved