Menjaga Keutuhan Keharmonisan Hidup Bermasyarakat

Tanggal: 20 Apr 2018 10:21 wib.
Menjaga Keutuhan Keharmonisan Hidup Bermasyarakat

 

Bangsa dan Negara Indonesia adalah bangsa yang besar dan sangat kaya dengan keberagaman; adat, budaya, suku, bahasa, agama, sumber daya alam, dan sebagainya. Keberagaman ini jikda disatu padukan akan mampu menghasilkan satu kekuatan super bangsa dalam menciptakan masyarakat sejahtera dan harmonis.

Sayangnya keberagaman yang dimiliki Indonesia saat ini justru sepertinya terkadang dimanfaatkan oleh oknum/kelompok tertentu untuk merubah makna keberagaman kearah perbedaan. Pola pikir masyarakat diarahkan bahwa keberagaman bangsa ini bukan sebuah kekayaan melainkan sebuah perbedaan yang tidak perlu dipertahankan. Buktinya:

# Saat ini masyarakat mulai kebingungan dalam berpendapat karena bisa saja nanti dibawa ke ranah hukum jika pendapat yang dikeluarkan tidak selaras dengan pemikiran kelompok yang lainnya

#Jika seseorang/kelompok tertentu berbuat baik kepada masyarakat lainnya, maka bisa-bisa juga ada yang menganggapnya itu merupakan pencitraan, permainan politik, ataupun dianggap sebagai hal bertujuan menarik kelompok tertentu ke kelompok yang berbuat baik. Dan ujung-ujungnya, saling menyalahkan dan saling melapor.

 

Melihat keadaan seperti ini, masyarakat sangat-sangat diharapkan untuk aktif menciptakan dan menghidupkan kembali semangat persatuan dan kesatuan hidup bermasyarakat dengan cara sebagai berikut:


Budayakan Hidup Sopan santun dalam berpendapat. Jangan bersifat menghina dan merendahkan orang/kelompok lain
Jangan anti budaya lain. Temukan nilai-nilai positif dari budaya orang/kelompok yang berbeda dengan kita.
Taati norma-norma yang ada: norma adat itiadat, norma agama, norma hukum, dsb.


Dengan menerapkan ketiga hal diatas, dipastikan kehidupan bermasyarakat menjadi harmonis.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved