Korea Utara Mengkonfirmasikan Delegasi untuk Pertemuan antar-Korea

Tanggal: 7 Jan 2018 20:43 wib.
Pejabat penyatuan teratas Korea Selatan dan Korea Utara akan memimpin pertemuan tingkat tinggi pada hari Selasa untuk mengatur partisipasi Utara di Olimpiade Musim Dingin Pyeongchang.

Ini terjadi setelah Pyongyang pada hari Jumat sepakat untuk mengadakan dialog antar-Korea untuk pertama kalinya di lebih dari dua tahun di desa perbatasan Panmunjom.

Korea Utara mengirim daftar perwakilannya ke Selatan, dengan menggunakan saluran komunikasi langsung antara kedua Korea, kata Kementerian Unifikasi Seoul.

Ri Son Gwon, Ketua Komite Reuniasi Damai Utara, ditunjuk sebagai ketua delegasi.

Ri dianggap sebagai salah satu negosiator utama Korea Utara dalam pembicaraan antar-Korea, yang dikenal dengan sikap kerasnya di Selatan.

Pekan lalu, dia mengumumkan keputusan rezim tersebut untuk membuka kembali jalur komunikasi antar-Korea yang melintasi desa gencatan senjata Panmunjom.

Anggota delegasi lainnya termasuk pejabat senior CPR Jon Jong Su dan Hwang Chung Song, seorang pejabat olahraga tingkat tinggi Won Kil U dan Ri Kyong Sik, anggota Komite Olimpiade Nasional Republik Demokratik Rakyat Korea Utara.

Seoul berbagi barisan dengan Korea Utara pada hari Sabtu setelah kedua belah pihak memulai diskusi tingkat-kerja pada perundingan hari Selasa.

Dipimpin oleh Menteri Unifikasi Cho Myoung Gyon, anggota delegasi Korea Selatan termasuk Wakil Menteri Unifikasi Chun Hae Sung dan Kim Ki Hong, Wakil Presiden panitia penyelenggara Olimpiade PyeongChang.

Seoul berharap pertemuan lima sisi pekan ini juga akan memberi ruang untuk diskusi mengenai peningkatan hubungan antar-Korea, kata Kementerian Unifikasi.

Ditambahkan bahwa kedua Korea akan menggunakan hotline Panmunjom untuk mengatur rincian lebih lanjut dari perundingan yang akan datang.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved