Korea Utara Melaporkan Penghancuran Situs Uji Nuklir Punggye-ri

Tanggal: 24 Mei 2018 21:24 wib.
Korea Utara mengatakan pada hari Kamis bahwa "sepenuhnya" membongkar satu-satunya tempat uji nuklirnya yang diketahui, menyebut langkah itu suatu proses penting terhadap perlucutan senjata nuklir global.

Dalam sebuah pernyataan yang disiarkan oleh Kantor Berita Pusat Korea Utara yang dikelola negara, lembaga penelitian nuklir Utara mengatakan pembongkaran itu menyebabkan runtuhnya semua terowongan di situs Punggye-ri dan penutupan pintu masuk mereka.

"Institut Senjata Nuklir dari DPRK mengadakan upacara untuk sepenuhnya membongkar tempat uji coba nuklir utara dari DPRK pada 24 Mei," kata lembaga itu, menggunakan singkatan dari nama resmi Korea Utara, Republik Rakyat Demokratik Korea.

"Pembongkaran tempat uji coba nuklir dilakukan sedemikian rupa untuk membuat semua terowongan dari tanah uji runtuh oleh ledakan dan benar-benar menutup pintu masuk terowongan, dan pada saat yang sama, meledakkan beberapa fasilitas penjaga dan pos pengamatan di situs," itu ditambahkan.

Konfirmasi itu datang beberapa jam setelah laporan-laporan kolam renang oleh para wartawan yang diundang ke situs itu untuk mengamati peristiwa itu menyatakan bahwa Korut meledakkan semua terowongan di situs uji Punggye-ri yang terletak di wilayah pegunungan timur lautnya.

Keenam uji coba nuklir Utara dilakukan di sana, termasuk peledakan terbaru dan paling kuat pada bulan September.

Lembaga ini menekankan bahwa wartawan lokal dan asing dapat melihat dua terowongan siap digunakan untuk melakukan uji coba nuklir kapan saja, tampaknya menolak spekulasi bahwa pembongkaran mungkin tidak ada artinya karena situs tersebut telah menjadi tidak berguna karena semua tes detonasi sebelumnya.

Ia juga mencatat bahwa pembongkaran itu dilakukan "dengan transparansi tingkat tinggi" dan itu menunjukkan upaya untuk memastikan perdamaian dan stabilitas di Semenanjung Korea.

"Pembongkaran uji coba nuklir yang dilakukan dengan transparansi tingkat tinggi jelas sekali lagi dibuktikan kepada upaya proaktif dan cinta damai pemerintah DPRK yang dibuat untuk menjamin perdamaian dan stabilitas di semenanjung Korea dan dunia," katanya. .

"Hentikan uji nuklir adalah proses penting yang bergerak menuju perlucutan senjata nuklir global, dan kami akan terus bergandengan tangan dengan orang-orang yang cinta damai dunia dalam membangun dunia damai bebas nuklir, sebuah dunia baru yang bebas di mana mimpi dan cita-cita kemanusiaan diwujudkan, "tambahnya.

Lembaga itu mengatakan bahwa pembongkaran itu tidak menyebabkan kebocoran radioaktif atau berdampak buruk pada lingkungan ekologis sekitarnya.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved