Ketua U.N. Setuju untuk Berpartisipasi Dalam Upaya Perdamaian Korea

Tanggal: 1 Mei 2018 22:08 wib.
Sekretaris Jenderal PBB Antonio Guterres telah menerima permintaan Presiden Korea Selatan Moon Jae-in untuk berpartisipasi dalam memverifikasi penutupan tempat uji coba nuklir utama Korea Utara, dan mengubah zona demiliterisasi menjadi zona damai.

Juru bicara Kim Eui-kyeom mengatakan kepada wartawan, Selasa, Presiden Korea Selatan mengadakan panggilan telepon 30 menit dengan sekretaris jenderal PBB hari itu, di mana keduanya setuju untuk bekerja sama dalam memenuhi kedua Deklarasi Panmunjom Korea.

Bulan dan pemimpin Korea Utara Kim Jong Un menyetujui Jumat lalu untuk mengejar Semenanjung Korea yang bebas nuklir, secara resmi mengakhiri perang dan mencari perjanjian damai.

KTT antar-Korea adalah yang pertama berlangsung dalam sebelas tahun.

Selama percakapannya dengan Guterres, Moon menjelaskan visi untuk mengubah perbatasan yang dipenuhi ketegangan menjadi zona perdamaian sejati dan meminta partisipasi PBB dalam proses tersebut, JoongAng Ilbo melaporkan.

Dia juga meminta Guterres untuk mendesak Majelis Umum atau Dewan Keamanan untuk menghasilkan deklarasi yang mendukung atau menjunjung tinggi Perjanjian Panmunjom.

Guterres mengatakan dia memiliki kemauan untuk bekerja sama dan upaya tersebut akan memerlukan persetujuan dari Dewan Keamanan - menambahkan dia akan melakukan upaya untuk mendukung penyelesaian perdamaian di Semenanjung Korea.

Dia juga berjanji untuk menunjuk pejabat perlucutan senjata PBB untuk bekerja dengan pemerintah Korea Selatan, SBS melaporkan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved