Sumber foto: google

Golkar Mendukung Ridwan Kamil di Pilkada Jabar

Tanggal: 22 Jun 2024 19:07 wib.
Partai Golkar melalui Ketua Pemenangan Pemilu Jawa 1, MQ Iswara, menyatakan dukungannya kepada Ridwan Kamil (RK) untuk maju dalam Pilkada serentak Jawa Barat (Jabar). Dalam wawancara di Jakarta pada hari Kamis, Iswara mengungkapkan bahwa pihaknya menerima banyak telepon dan pesan singkat yang berisi dukungan untuk RK.

Menurut Iswara, Pengurus Golkar Jawa Barat beserta kabupaten/kota, berbagai tokoh masyarakat, dan pemangku kepentingan terkait, berharap RK kembali ke Jawa Barat. Hal ini dikarenakan RK dinilai telah berhasil memimpin Jabar dengan hasil survei tertinggi, termasuk tingkat kepuasan publik.

Iswara, yang juga komandan pemenangan Provinsi Jakarta, Banten, dan Jawa Barat, mengakui bahwa Jakarta membutuhkan kerja keras dalam kampanye RK. Menurutnya, sebagai daerah baru, Jakarta harus lebih giat dalam upaya kampanye dibandingkan daerah yang pernah dipimpin sebelumnya.

Lebih lanjut, Iswara menyebut bahwa RK telah diberikan dua surat tugas dari Golkar untuk Pilkada Jawa Barat dan Pilkada Jakarta. Namun, keputusan penempatan RK sepenuhnya bergantung pada mekanisme Partai Golkar dan Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Hasil survei terbaru SMRC menunjukkan bahwa nama Ridwan Kamil berada di peringkat pertama dalam benak responden saat disimulasikan siapa yang akan dipilih jika Pemilihan Gubernur Jawa Barat dilaksanakan saat artikel ini ditulis. RK berhasil mendapatkan dukungan sebanyak 52,2 persen dari responden SMRC pada survei yang dilakukan pada 27 Mei hingga 2 Juni 2024.

Selain itu, 73 persen masyarakat Jabar menginginkan Ridwan Kamil kembali menjabat sebagai gubernur Jabar, sementara hanya 23 persen yang tidak setuju. Sisanya, sekitar 5 persen tidak memberikan jawaban.

Sebelumnya, Wakil Ketua Umum Partai Golkar, Ahmad Doli Kurnia, menyatakan bahwa partainya lebih condong ingin mengusung Ridwan Kamil sebagai calon gubernur dalam Pilkada Jawa Barat. Berdasarkan hasil survei, Gubernur Jawa Barat periode 2018-2023 ini memiliki peluang kemenangan lebih besar jika berkontestasi di Jawa Barat dibandingkan di Jakarta. Namun, pihak Partai Golkar belum mengambil keputusan resmi terkait karir politik RK.

Doli menambahkan, "Ridwan Kamil di Jawa Barat sudah terbukti, dengan tingkat persetujuan yang sangat tinggi dan elektabilitas yang mengungguli pesaingnya, jauh di atas calon lainnya." 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved