Sumber foto: google

Golkar Memastikan Kursi DPR dan DPRD Terbanyak di Indonesia

Tanggal: 8 Jun 2024 04:11 wib.
Partai Golkar memperoleh keberhasilan dalam mengamankan 102 kursi DPR dan meraih jumlah kursi DPRD terbanyak di seluruh Indonesia setelah menyelesaikan seluruh tahapan Pemilu 2024 di Mahkamah Konstitusi (MK), pada Kamis (6/6).

Ahmad Doli Kurnia Tandjung, Wakil Ketua Umum Korbid Pemanangan Pemilu DPP Partai Golkar, merasa bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan pada partai yang dipimpin oleh Ketua Umum Airlangga Hartarto.

Dalam keterangannya di Jakarta, pada hari Jumat, Doli mengungkapkan, "Golkar berterima kasih kepada seluruh rakyat Indonesia yang telah memberikan kepercayaan kepada Golkar. Alhamdulillah, Golkar mantap pada perolehan 102 kursi DPR, naik 17 kursi dibandingkan perolehan Pemilu 2019."

Di samping itu, perolehan kursi DPRD provinsi yang diraih dalam Pemilu 2024 juga mengalami peningkatan signifikan, naik 50 kursi menjadi 359 kursi dari sebelumnya hanya 309 pada Pemilu 2019. Doli juga menekankan bahwa Golkar tidak hanya berhasil meraih perolehan kursi terbanyak, tetapi juga menjadi partai yang menduduki pimpinan DPRD terbanyak di seluruh Indonesia.

Lebih lanjut, Doli menyatakan bahwa partainya berhasil menempatkan kader-kader sebagai ketua DPRD di 14 provinsi dari total 38 provinsi di seluruh Indonesia. Tidak hanya itu, Golkar juga berhasil menempatkan 20 kadernya sebagai wakil ketua DPRD provinsi. Hal ini membuktikan keberhasilan Golkar dalam mengamankan posisi pimpinan DPRD di 34 provinsi dari total 38 provinsi di seluruh Indonesia.

Raihan signifikan Partai Golkar di tingkat provinsi juga konsisten dengan perolehan kursi DPRD di tingkat kabupaten dan kota. Doli menambahkan, "Partai Golkar meraih 2.521 kursi DPRD kabupaten/kota di seluruh Indonesia, atau setara dengan 14,4 persen dari total 17.510 kursi DPRD kabupaten/kota di seluruh Indonesia."

Selain hal tersebut, Doli juga menegaskan bahwa partainya berhasil mencatatkan kenaikan kursi sebanyak 99 kursi, atau 4 persen dari perolehan pada Pemilu 2019 yang hanya sebanyak 2.422 kursi. "Partai Golkar juga meraih kemenangan di 120 kabupaten/kota di seluruh Indonesia, atau setara dengan 23,7 persen dari 508 kabupaten/kota yang menyelenggarakan Pileg Kabupaten/Kota di 2024. Artinya, otomatis Golkar memiliki 120 Ketua DPRD ditambah 220 wakil ketua DPRD kabupaten/kota seluruh Indonesia," tegas Doli.

Menyikapi pencapaian ini, Doli berharap agar pada Pilkada yang akan datang, rakyat Indonesia kembali memberikan kepercayaan kepada kader-kader terbaik dari Golkar yang ikut bertarung menjadi calon kepala daerah.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved