Berikut Pernyataan Luhut Menanggapi Tudingan Fahri Hamzah

Tanggal: 20 Apr 2018 18:17 wib.
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bertanggungjawab atas biaya pertemuan Dana Moneter Internasiona-Bank Dunia (IMF-WB) di Nusa Dua, Bali. Sebagai ketua acara IMF-WB 2018, Luhut mengaku tahu persis bahwa Menkeu Sri Mulyani mengalokasikan dana IMF-BW 2018 dengan cermat dan bijak.

 “Tolonglah berpikir positif.” Pernyataan tertulis Luhut Kamis, 19 April 2018 untuk menanggapi tuduhan Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Fahri Hamzah.

Sebelumnya Fahri Hamzan Anggota DPR menuding pemerintah mengalihkan dana pembangunan gedung DPR baru untuk membiayai acara IMF-WB 2018 di Nusa Dua, Bali pada 12 hingga 14 Oktober 2018 mendatang.

Namun menurut Luhut, menjadi tuan rumah di acara tersebut  berguna untuk mempromosikan objek wisata Indonesia.

Luhut menambahkan acara akbar yang akan dilaksanakan bulan Oktober 2018 itu justru memberi keuntungan bagi Indonesia. Meski anggaran acara IMF-WB 2018 lebih dari Rp 800 miliar, namun akan kembali dalam bentuk hibah computer, furniture, dan lainnya. Sekitar 18.500 peserta akan ikut serta dalam acara ini, belum termasuk istri dan anak-anak, datang sebagai turis yang membayar hotel dan akomodasi lainnya.

Selain itu, Luhut juga memaparkan pencapaian pemerintah dalam memperbaikir 5 objek wisata Indonesia. di antaranya adalah Toba, Borobudur, Labuan Bajo, Banyuwangi, dan Bali.

 “Ini pencapaian tersendiri.”  Kalau tak ada pertemuan tahunan itu, kata Luhut Panjaitan, perbaikan obyek-obyek wisata itu diperkirakan baru akan rampung dua tahun mendatang.

Saat ini, Luhut sedang menghadiri Spring Meeting IMF-WB 2018 di Washington DC, Amerika Serikat. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati juga hadir dalam pertemuan itu. Spring Meeting akan membahas kesiapan Indonesia sebagai tuan rumah IMF-WB yang digelar pada 12-14 Oktober 2018.

Ada juga paparan World Economic Outlook pada 18 April 2018 yang membahas isu kepedulian global, termasuk prospek ekonomi dunia, pengentasan kemiskinan, pembangunan ekonomi, dan efektivitas bantuan. Sejumlah investor meramaikan Spring Meeting.

Menurut Luhut Panjaitan, Spring Meeting membuat Indonesia semakin dikenal. Dia mengklaim makin banyak yang mau datang ke Indonesia dan berinvestasi.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved