Bawaslu Imbau Masing-Masing Relawan Pilpres 2019 Saling Menghormati

Tanggal: 6 Mei 2018 15:59 wib.
Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) mengimbau relawan #2019GantiPresiden yang akan menggelar deklarasi akbar di sekitar Patung Arjuna Wiwaha, Jakarta Pusat, agar dapat berlangsung dengan tertib hari ini. Apalagi kegiatan tersebut juga bersamaan dengan senam sehat untuk Indonesia yang dilaksanakan relawan Joko Widodo di sekitar lokasi yang sama. Afifuddin mengimbau agar kegiatan itu tidak dijadikans sebagai ajang kampanye.

“Kami imbau kegiatan tersebut tidak dijadikan tempat kampanye,” kata anggota Bawaslu, Mochammad Afifuddin (6/5/2018)

Afifuddin mengharapkan masing-masing relawan dapat menjaga keamanan dan ketertiban. Ditambah, lokasi kegiatan tersebut  juga berada dekat dengan area hari bebas kendaraan (car free day) warga Provinsi DKI Jakarta.

Kedua kubu relawan diimbau bersikap saling menghargai dan saling menghormati serta tidak ada lagi kejadian seperti diberitakan sebelumnya di lokasi CFD. Dimana pada pekan lalu, terjadi dugaan peristiwa intimidasi di lokasi CFD antara dua kubu yang berseberangan pandangan politik, yaitu #2019GantiPresiden dan #DiaLagiKerja.

“Jangan sampai ada kegiatan yang menjurus kekerasan atau persekusi antarkelompok,” kata Afifuddin.

Meski demikian, Bawaslu tidak menilai deklarasi gerakan #2019GantiPresiden dan tandingannya sebagai suatu pelanggaran pemilu. Deklarasi gerakan tersebut merupakan hak warga negara untuk menyatakan kebebasan berpendapat. Namun setiap warga harus bisa saling menghormati jika ada perbedaan pendapat.

Bawaslu juga berharap pemilu yang dilaksanakan tahun depan  dapat terhindari dari pelanggaran, baik yang dilakukan oleh parpol, pemilih, maupun media. Semua pihak, kata Afifuddin, bertanggung jawab menjaga ketertiban agar pemilu berjalan kondusif.

“Acara yang dilakukan dua relawan hari ini kami harap bisa berjalan lancar, tanpa terjadi seperti peristiwa sebelumnya,” katanya

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved