Bagaimana Cara Membangun Politik yang Bermoral ?

Tanggal: 2 Apr 2018 09:13 wib.
BAGAIMANA CARA MEMBANGUN POLITIK YANG BERMORAL?

Menurut KBBI Politik diartikan sebagai berikut:

1 (pengetahuan) mengenai ketatanegaraan atau kenegaraan (seperti tentang sistem pemerintahan, dasar pemerintahan): bersekolah di akademi --;

2 segala urusan dan tindakan (kebijakan, siasat, dan sebagainya) mengenai pemerintahan negara atau terhadap negara lain: -- dalam dan luar negeri; kedua negara itu bekerja sama dalam bidang -- , ekonomi, dan kebudayaan; partai --; organisasi --;

3 cara bertindak (dalam menghadapi atau menangani suatu masalah); kebijaksanaan: -- dagang; -- bahasa nasional;

Kata “politik” berasal dari bahasa Yunani “Polis” yang artinya “negara kota” dan “Teta” yang berarti “urusan”. Dengan memperhatikan defenisi di atas maka politik dapat diartikan bahwa politik adalah pengetahuan tentang kenegaraan serta pengetahuan dan kemampuan mengenai tatacara mepengaruhi masyarakat dan membagi kekuasaan dalam masyarakat yang dilakukan dalam bentuk keputusan.

Politik dan moral tidak dapat dipisahkan. Sebagaimana dikemukakan oleh Plato yang mendefenisikan filsafat politik sebagai salah satu cabang etika (filsafat moral).

Pertanyaannya: bagaimana cara membangun politik yang  bermoral?

Politik harus dijalankan dengan mengutamakan kepentingan umum

Untuk menciptakan politik yang bermoral maka seseorang yang berpolitik harus memiliki sifat kenegarawan sejati yang harus mengutamakan kepentingan masyarakat umum di atas kepentingan pribadi dan golongan. Dalam satu Negara, tidak baik jika politik dibangun untuk kepentingan pribadi dan golongan tertentu, sebab suatu Negara terdiri dari banyak macam golongan, suku, agama, dsb. untuk itu, yang pertama sekali diperhatikan dalam menjalankan politik adalah sikap kenegarawan yang mampu netral dalam berbagai hal sehingga masyarakat umum dapat merasakan wujud baik dari politik tersebut.

Individu yang menjalankan Politik harus memiliki Moral yang baik

Politik yang bermoral baik hanya bisa dihasilkan oleh mereka memiliki moral baik. Mustahil seseorang dapat menjalankan politik dengan baik jika pribadinya sendiri tidak memiliki moral ataupun etika yang baik dan benar.

Dari penjelasan di atas  dapat disimpulkan bahwa untuk menjadi seorang politikus yang mampu menghasilkan politik yang bermoral, maka di dalam dirinya harus tertanam minimal dua unsur penting, yaitu unsrur sikap kenegarawan sejati dan unsur moral yang baik.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved