Anies Baswedan - Rano Karno, Pasangan Juara untuk Pilgub Jakarta 2024

Tanggal: 29 Mei 2024 00:05 wib.
Oleh: Dr. Tonton Taufik Rachman

Pemilihan Gubernur Jakarta tahun 2024 akan terjadi perang bintang, karena pemimpin di Jakarta akan menjadi pembicaraan selama 5 tahun ke depan, dan pemilu 2029, waktunya sesuai dengan selesainya jabatan Gubernur Jakarta 2024-2029.

Beberapa calon gubernur sudah mulai dibicarakan mulai dari warung kopi sampai tingkat partai. Beberapa calon gubernur yang sudah dibicarakan di media online: Anies Baswedan, Ahok, Sudirman Said, Riza Patria, Rahayu Saraswati, Budi Djiwandono, Ahmad Syahroni, Ridwan Kamil, Ahmad Zaki Iskandar, Airin Rachmi Diany, Ida Fauziah, Heru Budi Hartono, Dharma Pongrekun dan nama-nama lain yang akan muncul.

Peta koalisi partai di pilpres akan berbeda dengan peta koalisi di tiap pilkada. Walaupun penentuan calon gubernur dan wakil gubernur ditentukan dari ketua umum partai, bagaimanapun juga usulan dari pimpinan partai di provinsi akan mengajukan calon juga.

Semua partai pasti berusaha memenangkan calonnya, sehingga partai juga mempertimbangkan seberapa besar kemungkinan menang. Faktor elektabilitas di masyarakat setempat sangat dipertimbangkan, apalagi petahana yang akan maju kembali, biasanya partai akan menyambut baik.

Obrolan di warung kopi di Jakarta, calon gubernur dan wakilnya, jika pasangan Anies Baswedan dan Rano Karno, dianggap bisa memenangkan dengan telak pilgub Jakarta 2024.

Beberapa pertimbangannya, Anies Baswedan, merupakan mantan Gubernur Jakarta 2017-2022, beliau sangat mengetahui seluk beluk Jakarta. Prestasi Anies Baswedan pada saat menjabat Gubernur Jakarta, banyak sekali perubahan dan penghargaan dari negara, bahkan dari luar negeri. Salah satu penghargaan dari luar negeri untuk Jakarta yang sangat berbeda dengan wilayah lain yaitu tentang Jaklinko, integrasi pelayanan transportasi publik.

Rano Karno, seorang artis, yang dikenal sebagai icon orang betawi dalam sinetron Si Doel Anak Betawi. Beliau juga aktif sebagai politisi dari PDIP, pernah menjabat sebagai Wakil gubernur Banten 2012-2014 dan Gubernur Banten 2014-2017. Faktor elektabilitas dari seorang artis sebagai simbol anak betawi sangat melekat di Rano Karno. Banyak dari masyarakat Jakarta yang bersimpati terhadap Rano Karno.

Pertimbangan lainnya yang sangat penting yaitu tentang kekuasaan. Kekuasaan pemerintah yang terlalu kuat, akan menghasilkan otoritarianisme dimana-mana. Jika pilkada dikuasai oleh koalisi pemerintah, dikhawatirkan pilpres 2029, akan terlalu mudah bagi pemerintah untuk menginginkan pemimpin bangsa selanjutnya, yang akhirnya, hanya untuk kepentingan pemimpin sebelumnya. Jika PDIP ingin mendapatkan kekuatan dan ada kemungkinan menang, maka PDIP harus bergabung dengan partai yang berada di koalisi perubahan, agar suara tidak pecah dalam menghadapi dinasti Jokowi yang didukung oleh aparat dan kekuatan bansos dari negara.

Calon partai pendukung Anies Baswedan - Rano Karno yaitu PKS, PKB, Nasdem dan PDIP, lebih dari cukup untuk memenangkan pilgub 2024. Jika ini terjadi kerjasama antar partai pendukung, bukan tidak mungkin untuk pilpres 2029, akan memiliki kekuatan yang sangat besar. Kerjasama antar partai di pilgub 2024 merupakan latihan persiapan untuk saling mengenal lebih dekat antara pemimpin partai, dan akan terus mengkonsolidasi menjadi lebih besar di tahun 2029.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved