Ingin Balikan dengan Mantan? Hati-Hati Cuma Pelarian

Tanggal: 13 Nov 2017 16:31 wib.
Setelah bertahun-tahun berpisah dan menjalin hubungan cinta dengan beberapa pria lain, apakah pernah terbesit dipikiran Anda untuk kembali pada cinta pertama?

Jika iya, Anda tidak sendirian! Dilansir dari Daily Mail, sebuah penelitian terhadap masyarakat di Inggris menunjukan bahwa sekitar 21 persen responden ingin kembali kepada mantan pertama mereka.

Sekitar 14 persen responden mengaku kembali berhubungan dengan mantan dan berharap bisa menghidupkan kembali gairah yang dulu. Selain itu 1 dari 6 pria ternyata masih berhubungan dengan mantan secara diam-diam.

Bahkan, di Kota London perselingkuhan dengan mantan cukup banyak ditemui. Sekitar 19 persen responden mengaku berbohong kepada pasangan saat menjalin hubungan dengan mantan, dan 100 persen dari mereka ingin balikan dengan mantan.

Mereka yang ingin kembali dengan cinta pertama, bukan hanya dari sisi pria. Penelitian menyebutkan 4 dari 10 wanita masih berharap bisa merayu mantannya.

Fenomena sosial 'menemukan cinta lama' ini sepertinya tidak lepas dari adanya perkembangan teknologi serta peran media sosial. Mereka menggunakan media sosial untuk 'stalking' atau menguntit cinta pertama mereka sehingga sulit melupakannya.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa 74 persen wanita menggunakan media Facebook untuk memulai hubungan dengan mantan pacar, sedangkan pria banyak menggunakan email atau SMS dan BBM sebanyak 33 persen.

Walau menyenangkan untuk kembali berhubungan dengan mantan kekasih, namun menurut para psikolog, hal ini tidak sehat bila diteruskan.

Profesor Cary Cooper, seorang Psikolog dari Universitas Lancaster menyatakan, "Cinta pertama meninggalkan jejak emosional yang besar. Itu cenderung sebagai pengalaman yang menyenangkan dan memori yang tak terlupakan."

"Kebanyakan orang, akan mencoba kembali ke cinta pertama karena mereka tidak merasa puas pada hubungannya saat ini tapi takut untuk menghadapinya. Ini seperti pelarian dan itu tidak sehat," jelas Cooper.

Cooper menambahkan, kembali mencoba menghubungi mantan baik secara langsung atau melalui situs jejaring sosial merupakan kebahagiaan, namun itu adalah sebuah kesalahan yang besar. 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved