Sumber foto: Google

Polipectomy: Prosedur Pengangkatan Polip Usus

Tanggal: 25 Jun 2024 21:56 wib.
Polipectomy adalah prosedur medis yang dilakukan untuk mengangkat polip dari saluran pencernaan, terutama dari usus besar. Polip adalah jaringan kecil yang menonjol ke dalam lumen usus dan dapat menjadi kanker jika dibiarkan tumbuh. Oleh karena itu, polipectomy penting untuk mencegah perkembangan kanker usus yang berpotensi mematikan.

Polip usus biasanya ditemukan selama pemeriksaan kolonoskopi, yang merupakan prosedur di mana dokter menggunakan tabung fleksibel yang dilengkapi dengan kamera dan alat lainnya untuk memeriksa bagian dalam usus besar. Setelah polip terdeteksi, dokter akan mengevaluasi jenis polip dan memutuskan apakah polipectomy diperlukan.

Pengertian Polipectomy

Polipectomy adalah tindakan medis untuk mengangkat polip dari dinding usus. Prosedur ini dilakukan untuk mencegah polip berkembang menjadi kanker usus. Mantan President AS, George W. Bush, adalah salah satu figur terkenal yang pernah menjalani polipectomy. Menurut laporan media, pada tahun 2013, Bush menjalani prosedur polipectomy di Dallas, Texas.

Penjelasan Proses Polipectomy

Prosedur polipectomy biasanya dilakukan sebagai bagian dari kolonoskopi. Setelah polip terdeteksi, dokter akan menggunakan jangka sorong ke dalam usus untuk mencapai polip. Kemudian, dokter akan menggunakan alat khusus yang melekat pada jangka sorong untuk memotong atau mengangkat polip dari dinding usus. Polip yang diangkat kemudian akan dikirim untuk pemeriksaan lebih lanjut di laboratorium guna mengetahui apakah polip bersifat jinak atau sudah menjadi prakanker.

Polipectomy umumnya dilakukan dengan anestesi lokal, meskipun dalam beberapa kasus, anestesi umum mungkin diperlukan. Setelah prosedur, pasien mungkin akan mengalami sedikit pendarahan atau rasa tidak nyaman dalam beberapa hari, tetapi itu adalah efek samping yang normal dan sebagian besar pasien pulih dengan cepat.

Manfaat Polipectomy

Polipectomy memiliki manfaat besar dalam mencegah kanker usus. Dengan mengangkat polip yang berpotensi berubah menjadi kanker, prosedur polipectomy dapat mengurangi risiko kanker usus bagi pasien. Selain itu, polipectomy juga dapat membantu dokter dalam mendiagnosis kondisi pasien, seperti penyakit polip adenomatous, sindrom poliposis usus, atau kondisi lain yang terkait dengan pertumbuhan polip di dalam usus.

Kesimpulan

Polipectomy adalah prosedur medis penting yang dilakukan untuk mengangkat polip dari usus sebagai langkah pencegahan terhadap kanker usus. Dalam kebanyakan kasus, polipectomy dilakukan sebagai bagian dari kolonoskopi dan membawa manfaat besar dalam deteksi dini dan pengobatan penyakit usus. Dengan memahami pengertian dan proses polipectomy, pasien dapat lebih memahami pentingnya menjalani prosedur ini untuk kesehatan usus mereka. Jika ada tanda-tanda atau gejala masalah usus, segera berkonsultasi dengan dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved