Sumber foto: iStock

Mendadak Terdengar Suara Ledakan Massal di Langit, Ada Fenomena Apa?

Tanggal: 13 Okt 2024 18:25 wib.
Suara-suara misterius dari langit telah menjadi perhatian dunia selama dua abad terakhir. Fenomena ini telah menimbulkan banyak pertanyaan, dengan beberapa suara terkait dengan gempa bumi dan yang lainnya muncul tanpa penyebab yang jelas. Beberapa contohnya termasuk suara-suara yang terdengar selama gempa bumi New Madrid pada tahun 1811-1812, serta suara dentuman yang meresahkan dekat Danau Seneca, Finger Lake, New York pada bulan Januari 2020.

Peneliti-peneliti di berbagai belahan dunia telah berusaha mencari tahu asal muasal dari suara-suara misterius tersebut. Pada tahun 2020, ilmuwan menggunakan data seismik dari EarthScope Transportable Array (ESTA) untuk menganalisis suara yang terdengar di sekitar Amerika Serikat (AS). Mereka membandingkannya dengan data suara yang terjadi pada tahun 2023.

Sementara itu, tim peneliti dari University of North Carolina melakukan penelitian dengan memeriksa laporan berita dari daerah-daerah yang terdampak. Mereka juga memverifikasi suara-suara tersebut dengan menggunakan data seismo akuisitik dari ESTA. Hasil dari penelitian mereka menunjukkan bahwa suara-suara tersebut tidak memiliki hubungan dengan gempa bumi.

Menurut peneliti Eli Bird yang dikutip dari IFL Science, mereka percaya bahwa suara-suara itu merupakan fenomena atmosfer dan bukan berasal dari aktivitas seismik. Mereka mengasumsikan bahwa suara tersebut menyebar melalui atmosfer dan bukan melalui tanah.

Para peneliti lainnya berfokus pada data infrasonik, yaitu suara dengan frekuensi rendah yang tidak dapat didengar oleh manusia. Mereka berhasil mendeteksi sinyal berdurasi 1-10 detik yang terkait dengan laporan suara-suara ledakan tersebut. Namun, hingga saat ini belum ada penjelasan yang memuaskan terkait asal muasal suara tersebut.

Salah satu kemungkinan adalah ledakan pesawat sonik atau mungkin juga dikaitkan dengan bolide di atmosfer bagian atas, yaitu meteorit yang tidak terlihat namun dapat menghasilkan suara yang terdengar. Fenomena ini masih menjadi misteri, dan penelitian lebih lanjut diperlukan untuk mengungkapkan asal muasal dari suara-suara misterius di langit.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved