Sumber foto: pinterest

Makanan yang Tak Boleh Dikonsumsi Berbarengan dengan Kopi

Tanggal: 8 Jul 2024 16:01 wib.
Kopi adalah minuman yang sangat populer di seluruh dunia. Banyak orang menikmati secangkir kopi sebagai penyemangat di pagi hari atau sebagai teman saat bekerja. Namun, ketika datang ke soal makanan yang bisa dikonsumsi bersamaan dengan kopi, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Sebagian besar dari kita mungkin pernah mendengar mitos bahwa tidak boleh makanan tertentu bersamaan dengan kopi. Nah, itu tidak sepenuhnya mitos belaka, ada beberapa makanan yang memang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. 

Salah satu makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi adalah makanan yang mengandung tinggi kalsium. Makanan seperti keju, yogurt, atau suplemen kalsium bisa mengganggu penyerapan kafein dalam tubuh. Kafein dapat mengganggu penyerapan kalsium, dan sebaliknya. Jika kita mengonsumsi makanan tinggi kalsium bersamaan dengan kopi, bisa jadi manfaat kalsium tidak dapat diserap sepenuhnya oleh tubuh. Makanan yang tinggi kalsium sebaiknya dikonsumsi pada waktu yang berbeda dengan kopi untuk mengoptimize penyerapannya.

Selain itu, makanan berlemak juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Lemak dalam makanan dapat mengurangi efektivitas kafein dalam meningkatkan energi. Kombinasi kafein dan makanan berlemak juga dapat mengganggu pencernaan dan menyebabkan ketidaknyamanan pada perut. Oleh karena itu, sebaiknya hindari makanan berlemak seperti kue, gorengan, atau makanan berlemak lainnya saat mengonsumsi kopi untuk menjaga keseimbangan pencernaan dan penyerapan kafein dalam tubuh.

Selanjutnya, makanan yang tinggi serat juga sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Serat dalam makanan dapat mengganggu penyerapan nutrisi dalam tubuh, termasuk kafein. Jika kita mengonsumsi makanan tinggi serat bersamaan dengan kopi, bisa jadi manfaat kafein tidak dapat dirasakan sepenuhnya. Makanan tinggi serat seperti sayuran hijau, buah-buahan, atau sereal sebaiknya dikonsumsi pada waktu berbeda dengan kopi agar manfaat kopi dapat dirasakan secara maksimal oleh tubuh.

Dalam mengonsumsi kopi, sebaiknya juga dihindari mengonsumsi makanan yang tinggi gula, terutama gula olahan. Gula olahan dapat membuat kadar gula darah naik secara tiba-tiba, yang kemudian diikuti dengan penurunan kadar gula yang drastis. Kombinasi kafein dengan gula olahan dapat menyebabkan fluktuasi gula darah yang dapat memengaruhi energi dan konsentrasi kita.

Demikianlah beberapa makanan yang sebaiknya tidak dikonsumsi bersamaan dengan kopi. Dengan memperhatikan jenis makanan yang dikonsumsi bersamaan dengan kopi, kita dapat memaksimalkan manfaat kafein dalam meningkatkan energi dan fokus, serta menjaga keseimbangan nutrisi dalam tubuh.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved