Jadilah Pionir Perubahan : Menyiapkan Talenta Siap Kerja di Indonesia Bersama Future Skills by Pijar Foundation

Tanggal: 22 Jan 2024 22:54 wib.
Fenomena mismatch antara pendidikan tinggi dan industri penyerap kerja menjadi sorotan di Indonesia beberapa tahun ke belakang. Hal ini terjadi karena kemampuan yang dimiliki oleh talenta muda di Indonesia tidak sesuai dengan kebutuhan industri saat ini.

Data McKinsey Global Institute pada tahun 2020 menunjukkan hanya sekitar 22% lulusan perguruan tinggi di Indonesia yang dianggap memiliki keterampilan yang relevan dengan kebutuhan industri. Berawal dari permasalahan ini, Future Skills by Pijar Foundation hadir untuk mengurangi tingkat mismatch di Indonesia dengan cara memberikan reskilling dan upskilling yang sesuai dengan kebutuhan industri. 

Future Skills merupakan platform pengembangan talenta yang dirancang untuk memangkas kesenjangan pendidikan di Indonesia. Melalui program kuliah, webinar, bimbingan, magang, dan workshop, Future Skills mempersiapkan talenta muda Indonesia dengan kompetensi dan kemampuan yang dibutuhkan untuk merespon pasar kerja yang berkembang pesat.

Melalui kerjasama dengan mitra dari industri, pemerintah, lembaga pendidikan, LSM, dan komunitas, Future Skills menawarkan program yang mencakup berbagai topik. Di antaranya sociopreneurship, education, fintech, renewable energy, communication, finance, dan masih banyak lagi.

Future Skills memiliki beberapa program yang sudah dan masih terus berjalan. Di antaranya Perkuliahan Future Skills, Future Career Class, DBS Berpijar, Microsoft Berpijar, Kadin Berpijar, ASN Berpijar, PIKM, Executive Business School, dan lain sebagainya

Sejak tahun 2019, Future Skills telah melaksanakan berbagai program dengan tujuan yang sama, yaitu membekali talenta muda Indonesia agar siap bekerja. Melalui program kolaboratif, Future Skills berhasil menjadi hub yang menghubungkan antara dunia industri dengan para talenta di Indonesia.

Selain itu, pendekatan yang holistik juga diterapkan guna menciptakan program yang tidak hanya berfokus pada aspek akademis, tetapi juga memperhatikan pengembangan soft skills dan hard skills. Dengan demikian, para lulusan dari program-program Future Skills akan memiliki persiapan yang lebih matang untuk memasuki dunia kerja.

Hingga awal tahun 2024, Future Skills telah mengadakan 1.392 kelas dengan 758 mentor yang bekerja sama dengan lebih dari 100 mitra. Keberhasilan ini tidak lepas dari semangat kolaborasi yang diberikan oleh para mitra yang bergabung.

Sejauh ini, mitra yang tergabung bersama Future Skills cukup beragam, mulai dari perusahaan korporasi, komunitas, perguruan tinggi, hingga instansi pemerintahan pernah menjalin kerja sama dengan Future Skills. Para mitra yang tergabung bukan hanya menjadi penyokong, tetapi juga pendorong utama kesuksesan program-program Future Skills dalam memberdayakan generasi muda Indonesia.Hal-hal tersebut dilakukan dengan cara menjadi mentor perkuliahan, memberikan dukungan pendanaan project, memberikan kesempatan magang, dan lain sebagainya. Di balik itu, para mitra dapat bertemu talenta-talenta potensial yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan mendapatkan exposure yang luas. Para mitra memiliki kesempatan untuk menampilkan keunggulan dari masing-masing organisasi melalui platform yang dimiliki oleh Future Skills.

Bergabunglah dengan Future Skills! Jadilah bagian dari kolaborasi yang berperan aktif dalam menciptakan perubahan positif untuk masa depan pendidikan dan tenaga kerja di Indonesia. Future Skills terbuka dengan semua bentuk kolaborasi, kunjungi futureskills.id/gabung-mitra untuk menjadi bagian dari mitra Future Skills.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved