Ingin Menjadi Guru Favorit? Simak 10 Hal Penting Berikut!

Tanggal: 6 Sep 2017 21:47 wib.
tampang - Menjadi guru bukanlah hal yang gampang, karena sejatinya tugas guru bukan hanya mentrasfer ilmu pengetahuan atau akademik, tetapi guru juga merupakan sosok yang harus memberikan teladan bagi murid-muridnya.

Seorang guru dituntut harus memiliki berbagai keahlian disamping keahlian atau kemampuannya menguasai pedagogik (ilmu keguruan) dan menguasai materi yang diajarkan. Selain dua kemampuan itu, seorang guru harus memiliki kemampuan berkomunikasi yang baik, kemampuan merancang pengajaran yang efektif dan manajemen administrasi serta manajemen waktu yang baik.

Nah, sebenarnya kemampuan-kemampuan itu sudah mencukupi seseorang untuk menjadi  guru. Namun, beda halnya bila Anda ingin menjadi seorang guru favorit yang disenangi siswa, menjadi teladan, dan kehadirannya senantiasa ditunggu oleh siswa di kelas. Bila Anda ada keinginan tersebut, tidak ada salahnya untuk mulai menyimak hal-hal ini,

Antusias

Antusias adalah menampilkan semangat untuk mengajar. Seberapa pun banyak masalah yang dihadapi oleh seorang guru ketika di rumah, maka kita harus tetap antusias untuk mengajar.

Berwibawa

Berwibawa disini artinya dapat menggerakan siswa untuk melakukan praktek, mengerjakan tugas, melakukan demonstrasi dan lain-lain. berwibawa bukan berarti harus jaim atau tidak dekat dengan siswa.

Selalu berpikiran positif

Setiap siswa memiliki karakteristik, sifat, sikap, latar belakang dan cara belajar yang berbeda-beda. Ketika kita menghadapi permasalahan dengan siswa dalam belajar, maka kita harus selalu berpikiran positif dan tidak memandang sama rata kemampuan setiap siswa.

Supel

Seorang guru yang didambakan siswa adalah guru yang supel yaitu mudah menjalin hubungan dengan beragam siswa.

Humoris

Kegiatan belajar dan mengajar tidak akan terasa kaku dan lama kalau gurunya seorang yang humoris. Humoris bukan berarti tidak serius, tetapi mampu mencairkan suasana ketika sedang berlangsung kegitan belajar mengajar berlangsung. Selain itu, humoris juga dapat diartikan berhati lapang untuk menerima kesalahan; berhati lapang apabila suatu saat siswa melakukan kesalahan

Luwes

Luwes disini adalah menemukan lebih dari satu cara untuk mencapai hasil, untuk mengajarkan ilmu supaya sampai kepada siswa dengan menggunakan berbagai pendekatan, metode maupun strategi mengajar.

Fasih

Seorang guru yang didambakan siswa adalah guru yang mampu menjelaskan materi atau memberikan arahan dan bimbingan serta berkomunikasi dengan jelas, ringkas dan jujur, tidak bertele-tele dan berbelit-belit dalam menjelaskan atau memberikan materi.

Tulus

Tulus berarti memiliki niat dan motivasi positif. Akan terasa berbeda pengaruhnya terhadap siswa antara guru yang tulus mengajar, mendidik, dan membimbing dengan guru yang asal-asalan hanya menyampaikan materi atau menggugurkan tugas semata mengajar saja hanya untuk mendapatkan gaji atau honor.

Spontan

Spontan dalam arti dapat mengikuti irama, suasana dan kondisi siswa ketika mengajar. Mengajar di pagi hari tentu harus dibedakan cara mengajarnya dengan mengajar ketika menjelang siang hari. Spontan disini dapat diartikan juga mampu menyesuaikan metode, pendekatan dan strategi mengajar dengan kondisi, suasana dan sarana yang ada.

Menarik dan Tertarik

Menarik berarti guru mampu berpenampilan, berkomunikasi, berprilaku yang membuat siswa tertarik; berpenampilan rapi, berkomunikasi dengan jelas dan berprilaku positif yang dapat menjadi teladan atau contoh bagi siswa. Tertarik maksudnya guru mampu mengaitkan informasi atau menjelaskan materi dengan pengalaman hidup siswa, mampu menyesuaikan dengan apa yang disukai oleh siswa dan peduli kepada siswa, sehingga siswa tertarik dengan cara mengajar kita

Nah, itu beberapa hal yang dapat dilakukan jika Anda adalah seorang guru. Hal-hal tersebut harus dilakukan secara konsisten agar hasil yang diharapkan menjadi seorang guru teladan dan favorit siswa siswa bisa tercapai. (IS/red)
Copyright © Tampang.com
All rights reserved