Dampak Buruk Titip Absen Saat Kuliah

Tanggal: 6 Mar 2018 18:56 wib.
Titip absen saat kuliah bukan hal baru bagi pendengaran mahasiswa. Memang tidak semua mahasiswa pernah melakukannya, namun sebagian mahasiswa pernah melakukannya bahkan menjadi kebiasaan. Namun, tahukah kamu bahaya dari kebiasaan titip absen saat kuliah. Walau terlihat sepele, akan tetapi sangat mempengaruhi karaktermu di masa yang akan datang.

Penyebab mahasiswa melakukan tipsen pun beragam, mulai susahnya bangun pagi, sibuk main game, ataupun sekadar malas untu kuliah. Dengan adanya teman-teman yang solid membantu menjadikannya tetap hadir di daftar kehadiran walaupun tidak datang saat kuliah berlangsung. Jika kamu mahasiswa baru ataupun yang sudah melakukan titip absen, perlu sekali perhatikan hal-hal berikut.  Berikut dampak buruk akibat titip absen bagi mahasiswa.


Ketidakjujuran


Sudah bisa dipastikan bahwa titip absen saat kuliah adalah bentuk ketidakjujuran. Kejujuran merupakan karakter utama manusia yang dapat menentukan masa depanmu seperti apa. Walaupun kamu jujur dalam hal lain, namun jika kamu masih titip absen, itu buktinya dalam dirimu masih ada ketidakjujuran yang dapat mempengaruhi karaktermu.


Menjadi Malas


Semakin sering berhasil titip absen akan membuatmu ketagihan dan ingin sering titip absen. Akibatnya kamu menjadi malas untuk kuliah dan lebih senang tidur di kosan atau pun bermain game serta melakukan hal yang tidak baik lainnya.


Ketinggalan Pelajaran


Sudah bisa dipastikan bahwa ketika kamu titip absen, secara otomatis kamu akan ketinggalan materi mata kuliah.  Konsekuensi yang bakal kita dapat adalah ketika menghadapi ujian dan kita tidak tahu apa-apa. Jika tidak tahu apa-apa, mungkin kita berniat untuk menyontek. Jika sudah menyontek, maka sama saja kita tidak jujur. Selain itu, ketinggalan pelajaran sudah membuat kita tidak mendapat ilmu yang seharusnya kita dapat dari dosen kita.


Bibit Korupsi


Sebuah tindak korupsi bisa bermula dari hal-hal yang kecil, termasuk kebiasaan titip absen pada saat kita menjadi mahasiswa.

“Jangan bayangkan mereka hari ini dengan sejumlah ketidakdisiplinannya, tapi bayangkan 20 tahun atau 25 tahun ke depan. Mereka akan menjadi pemimpin. Oleh sebab itu, harus dimasukkan pesan-pesan antikorupsi,” kata Saut Situmorang, Komisioner Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Jadi, jangan pernah meremehkan dampak dari titip absen meskipun kita belum merasakannya saat ini.


Cenderung Menganggap Titip Absen Hal yang Benar


Jika titip absen terus saja kita lakukan, lama-kelamaan kita akan menganggap hal tersebut sebagai hal yang benar dan lumrah.

Sering kali kita menghalalkan segala cara untuk mendapatkan apa yang kita inginkan, tanpa usaha yang benar. Kita cenderung membolehkan hal-hal yang sebenarnya tidak boleh dilakukan.

Mahasiswa adalah generasi penerus bangsa. Jika karaktermu tidak dibentuk dengan baik sejak mahasiswa, maka tidak heran jika kelak nasib negara Indonesia akan menjadi lebih buruk. Menjadi mahasiswa seharusnya kamu menjadi teladan dalam berbagai bidang. Jangan hanya cerdas dan pintar di akademik, tetapi  juga perlu belajar menjadi jujur untuk menjadi pemimpin masa depan yang baik.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved