Buat Guru, 11 Hal Ini dapat Menjadikan Anda Pendidik Hebat!

Tanggal: 27 Nov 2017 15:35 wib.
Tampang - Menjadi seorang pendidik hebat, bukanlah perkara yang mudah. Banyak hal yang harus Anda siapkan dan lakukan untuk mencapainya. Menjadi seorang guru bukan hanya sekedar mengajar, menyampaikan materi kepada peserta didik. Namun, lebih dari itu, seorang guru harus bisa mendidik siswa-siswinya dari segi akhlak dan tingkah laku, karena hakikat belajar adalah adanya perubahan tingkah laku pada peserta didik; dari tidak tahu menjadi tahu, dari jelek menjadi baik. Nah, untuk menjadi peserta didik yang hebat, Anda perlu melakukan 11 hal berikut ini. Yuk disimak .

Ubah Pola Pikir

Ubahlah pola pikir Anda, menjadi guru bukan hanyasekedar mengajar, tetapi juga harus bisa membimbing peserta didik untuk belajar selalu lebih baik dari aspek pengetahuan, sikap maupun keterampilan.

Pelajari tingkah laku peserta didik

Dalam satu kelas akan ada berbagai pola pikir dan tingkah laku beragam dari peserta didik. Mulailah peduli pada setiap tingkah laku peserta didik di kelas. Sehingga, siswa yang kecenderungan tingkah lakuknya kurang baik, bisa kita dekati dan perbaiki.

Berkomunikasi dengan seluruh anggota tubuh

Berkomunikasilah dengan semua anggota tubuh; mulai dari tangan, kaki, mimik muka, bahkan gerakan badan. Jangan hanya dengan lisan atau mulut, yang bisa membuat peserta didik jenuh dengan materi yang Anda sampaikan.

Tunjukkan bahwa belajar tidak hanya di Sekolah

Jadilah teladan dan pendidik yang baik, tunjukkan sikap belajar yang baik dan berikan materi tidak hanya di dalam kelas, tapi diberbagai lingkungan, seperti ; kebun, sawah, hutan, gunung dan lain-lain. Dengan begitu kita dapat menunjukkan bahwa belajar dapat dilakukan dimanapun, bahkan dari berbagi orang, walaupun bukan dari seorang guru.

Aktifkan potensi VAK (Visual, Auditori,Kinestetik)

Buatalah kegitan belajar mengajar yang mengaktifkan seluruh potensi peserta didik ; mulai dari visual atau melihat, auditori mendengar dan kinestetik keterampilan. Visual bisa dengan menampilkan gambar, foto, media powerpoint, film dan lain-lain. Mendengar, missal mendengarkan musik, bunyi-bunyian, suara , dan kinestetik meliputi latihan , meracik, melakukan, atau meraba hal-hal yang berkaitan dengan materi yang dapat dilakukan oleh peserta didik.

Hukum durasi 20-30 menit

Peserta didik hanya bisa berkonsentrasi dalam memperhatikan materi yang Anda sampaikan 20-30 menit, jadi ubahlah strategi mengajar Anda setiap selesai 20-30 menit. Jangan monoton dengan hanya berceramah secara lisan, karena hal itu akan menyebabkan peserta didik jenuh atau bosan, sehingga konsentrasi pun akan buyar.

Lakukan dialog

Berdialoglah dengan peserta didik, ketika Anda menyampaikan materi. Dengan berdialog, suasana kelas akan semakin aktif, bersemangat dan menyenangkan. Sehingga, waktu belajar pun tidak akan terasa lama.

Ajukanlah pertanyaan yang tepat

Ketika Anda mulai berdialog dengan peserta didik, ajukanlah pertanyaan yang tepat dan jelas. Hal itu dilakukan agar mereka tidak bingung dan ragu untuk ikut menjawab dan berpartisipasi dengan materi yang sedang Anda sampaikan.

Tularkan emosi positif dan sikap optimis

Bagaimanapun suasana hati Anda; sedih, gelisah, bimbang dan lain-lain, janganlah sampai diungkapkan kepada peserta didik, karena hal itu dapat mempengaruhi emosi dan sikap peserta didik ketika mengikuti kegitan belajar mengajar yang Anda lakukan.

Bimbing peserta didik untuk belajar dengan cara mereka

Setiap peserta didik memiliki cara belajar yang berbeda-beda. Bimbinglah mereka untuk belajar sesuai dengan apa yang mereka senangi, sehingga kegiatan belajar pun akan sangat menyenangkan.

Tampillah menarik di depan peserta didik

Tampillah menarik di depan peserta didik. Mulai dari pakaian yang rapi, penampilan rambut, bahkan penampilan Anda di depan kelas harus membuat peserta didik terpesona, sehingga mereaka tertarik mengikuti pelajaran yang Anda sampaikan.

Bagaimana , Anda sudah siap menjadi pendidik hebat ? Lakukanlah 11 tips diatas. Semoga bermanfaat !
Copyright © Tampang.com
All rights reserved