Berbagai Manfaat Memiliki Sertifikasi Microsoft Certified Educator Bagi Pendidik dan Profesi Lainnya

Tanggal: 31 Mei 2023 14:25 wib.
Di era seperti sekarang ini seorang pendidik akan selalu dituntut untuk selalu adaptif dan mengembangkan keterampilan baru mengikuti perkembangan zaman, utamanya keterampilan dalam bidang teknologi. Salah satu digital tools yang paling sering digunakan dalam dunia profesional saat ini adalah software Microsoft Office. Microsoft Office banyak digunakan untuk menunjang kegiatan dalam pekerjaan seperti untuk menulis dokumen, membuat grafik, menghitung dan mengolah data atau juga untuk memprentasikan data-data yang sudah diolah tersebut kepada atasan maupun klien.

Adalah Microsoft Certified Educator yakni sebuah program pengembangan profesional pendidik yang menjembatani kesenjangan antara keterampilan teknologi dan pengajaran inovatif.  Pendidik yang sudah mengikuti dan lulus sertifikasi pendidik internasional dari microsoft ini dapat membuktikan bahwa mereka memiliki keterampilan yang dibutuhkan untuk memberikan pengalaman belajar yang kaya bagi siswa mereka dengan menggabungkan keterampilan abad ke-21 dengan menggunakan tool Microsoft. 

Untuk seorang tenaga pendidik dapat memiliki sertifikasi Microsoft Certified Educator ini, maka diperlukan beberapa kompetensi dan keterampilan pembelajaran, diantaranya adalah:


Memastikan tenaga pendidik dapat menunjukkan bagaimana pembelajaran abad ke-21 dalam proses pembelajaran.
Memastikan tenaga pendidik mengetahui dan memahami tentang Microsoft Education.
Menyediakan validasi investasi Teknologi Informasi Komputer yang andal.
Memfasilitasi siswa untuk menggunakan tools Teknologi Informasi Komputer.
Memfasilitasi menyecahan dan inovasi masalah di dunia asli.
Memfasilitasi siswa untuk dapat berkolaborasi dan berkomunikasi dengan baik.


Terdapat beberapa manfaat dengan menerapkan program sertifikasi pendidik internasional atau Microsoft Certified Educator yang meliputi hal-hal tersebut di bawah ini :

Memastikan pendidik memiliki pemahaman dasar tentang menggunakan Microsoft Education

Di era pandemi saat ini pendidik sangat dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mempersiapkan bahan ajar yang menarik buat siswa. Guru tidak hanya dituntut memiliki perencanaan yang baik dalam menyusun materi, namun harus juga mempersiapkan media yang sesuai agar proses pembelajaran menjadi semakin menyenangkan, microsoft education memiliki banyak sekali tool yang dibutuhkan untuk membantu guru dalam membuat media pembelajaran.

Memastikan pendidik dapat mendemonstrasikan pembelajaran abad ke-21 ke dalam proses pembelajaran di kelas

Pembelajaran abad 21 merupakan suatu pembelajaran yang bercirikan learning skill, skill, dan literasi. Learning skill yaitu kegiatan pembelajaran yang di dalamnya ditandai dengan adanya kerja sama, komunikasi, serta berpikir kritis dan kreatif.

Pembelajaran abad 21 juga bisa dikatakan sebagai sarana mempersiapkan generasi abad 21. Di mana kemajuan teknologi informasi dan komunikasi (TIK) yang berkembang begitu pesat memiliki pengaruh terhadap berbagai aspek kehidupan, termasuk pada proses belajar-mengajar.

Contohnya, peserta didik diberi kesempatan dan dituntut untuk mampu mengembangkan kecakapannya dalam menguasai teknologi informasi dan komunikasi, khususnya komputer. Dengan begitu, peserta didik memiliki kemampuan dalam menggunakan teknologi pada proses pembelajaran yang bertujuan untuk mencapai kecakapan berpikir dan belajar peserta didik.

Memperluas peluang bekerja di bidang akademik

Dengan memiliki sertifikat berlisensi internasional tentunya akan mendatangkan lebih banyak peluang karir di bidang akademik. Sertifikat Microsoft Certified Educator yang dikeluarkan oleh Microsoft ini berlaku seumur hidup dan pemilik sertifikat Microsoft Certified Educator juga mendapatkan gelar non-akademis dari Microsoft, MCE. Gelar ini berlaku secara internasional dan legal yang dapat disematkan setelah nama.

Memberikan validasi investasi TIK yang andal

Instansi kampus atau sekolah yang mengikutkan guru dan dosennya dalam kegiatan sertifikasi pendidik internasional dari microsoft, secara tidak langsung telah berusaha memvalidasi kemampuan pendidik (guru dan dosen) agar memiliki kompetensi internasional. sehingga hal ini akan menjadi brand tersendiri buat institusi. 



MyEduSolve  merupakan perusahaan edutech yang fokus dengan meningkatkan kualitas tenaga kerja Indonesia melalui literasi digital. Sebagai distributor resmi Certiport (lembaga penyelenggara ujian sertifikasi Microsoft), MyEduSolve menyediakan ujian sertifikasi Microsoft bagi masyarakat Indonesia yang ingin meningkatkan skill dan kompetensinya. Bagi Anda yang tertarik untuk mengikuti sertifikasi Microsoft Certified Educator, kini Anda dapat mengikuti ujian sertifikasi yang diselenggarakan oleh MyEduSolve.

 

MyEduSolve

Email : hello@myedusolve.com

WhatsApp : +6287857067313
Copyright © Tampang.com
All rights reserved