Sumber foto: Google

Arahkan Mahasiswa yang Hobi Main Game, UI Masukkan E-Sport ke Kurikulum

Tanggal: 28 Sep 2024 19:02 wib.
Seiring dengan perkembangan teknologi dan tren baru, industri e-sport semakin mendapatkan perhatian yang besar dari masyarakat. Bukan hanya sekadar hobi, bermain game kini telah menjadi sebuah profesi yang mampu memberikan penghasilan yang menggiurkan. Mengikuti tren ini, Program studi Media Vokasi Universitas Indonesia (UI) telah memutuskan untuk memasukkan E-sport sebagai salah satu peminatan dalam kurikulumnya. Hal ini dilakukan untuk mengembangkan ilmu baru di bidang E-sports dan membuka peluang karier yang lebih luas bagi mahasiswa.

Keputusan Universitas Indonesia untuk memasukkan e-sport ke dalam kurikulumnya merupakan langkah progresif yang patut diapresiasi. Dengan tumbuhnya industri e-sport, terdapat kebutuhan akan tenaga profesional yang mampu mengelola, mengembangkan, dan memajukan industri ini ke tahap yang lebih baik. Program studi Media Vokasi UI menyadari bahwa melalui peminatan ini, mahasiswa akan memiliki kesempatan untuk belajar secara mendalam mengenai dunia e-sport, baik dari segi manajerial, teknis, maupun aspek hukum dan bisnis yang terkait.

Salah satu manfaat utama dari memasukkan e-sport ke dalam kurikulum adalah membuka peluang karier yang lebih luas bagi mahasiswa. Tidak hanya sebagai pemain game profesional, namun juga sebagai manajer tim e-sport, pengembang game, caster, atau bahkan pengelola turnamen e-sport. Dengan demikian, mahasiswa tidak hanya mendapatkan pengetahuan teoritis, tetapi juga pengalaman praktis yang relevan dengan industri yang berkembang pesat ini.

Selain itu, memasukkan e-sport ke dalam kurikulum juga akan membantu dalam mengembangkan ilmu baru di bidang ini. Dengan adanya kurikulum yang terstruktur, mahasiswa dapat mempelajari beragam aspek yang terkait dengan e-sport, seperti manajemen turnamen, manajemen tim, pemasaran, hingga hukum dan regulasi yang berlaku. Hal ini akan menciptakan para ahli e-sport yang memiliki pemahaman yang kokoh mengenai berbagai aspek yang menjadi fondasi industri ini.

Tidak hanya itu, pengembangan ilmu baru di bidang e-sport juga akan membuka peluang untuk riset dan inovasi. Mahasiswa yang berminat dalam bidang penelitian dapat menjadikan e-sport sebagai topik kajian yang menarik. Dari sisi teknologi, psikologi, hingga dampak sosial, e-sport menawarkan beragam bidang riset yang menjanjikan.

Langkah Universitas Indonesia untuk memasukkan e-sport ke dalam kurikulumnya bukan hanya sekadar mengikuti tren semata. Hal ini merupakan sebuah langkah strategis untuk mempersiapkan generasi muda Indonesia dalam menghadapi perkembangan industri game dan e-sport secara global. Dengan adanya peminatan e-sport, diharapkan mahasiswa dapat memperoleh pengetahuan dan keterampilan yang relevan sehingga mampu bersaing secara kompetitif di kancah industri e-sport yang semakin berkembang.

Dalam upaya menciptakan generasi muda yang siap menghadapi masa depan, langkah progresif Universitas Indonesia ini seharusnya diapresiasi oleh berbagai pihak. Harapan kita semua, peminatan ini dapat membawa dampak positif bagi kemajuan industri e-sport Indonesia dan membuka peluang karier yang lebih luas bagi para mahasiswa yang memiliki minat dan bakat dalam industri game.

Semakin banyak perguruan tinggi di Indonesia yang bisa mengikuti jejak UI dalam memasukkan e-sport ke dalam kurikulumnya, maka semakin besar pula peluang bagi industri e-sport Indonesia untuk berkembang dan bersaing di tingkat internasional.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved