Sumber foto: https://unsplash.com/

5 Universitas Swasta Teknik Industri di Bandung yang Wajib Dikepoin

Tanggal: 24 Jun 2024 11:22 wib.
Siapa sih yang nggak tau Program Studi Teknik Industri? Program Studi Teknik Industri adalah salah satu program studi yang sangat diminati oleh calon mahasiswa. Program studi ini mempelajari tentang proses perencanaan, pengorganisasian, pengendalian, dan pengoptimalan sistem produksi di industri. Sobat akan mendapatkan gelar Sarjana Teknik Industri (S. Ti) sebagai lulusan S1 Teknik Industri, Ahli Madya Teknik Industri (A.Md, T) sebagai lulusan D3 Teknik Industri, dan Sarjana Terapan Teknik Industri (S.Tr, T) sebagai lulusan D4 Teknik Industri. 

Banyak sekali Universitas di Bandung yang memiliki jurusan Teknik Industri. Dari Universitas top hingga underrated, dibawah ini bakal ada list rekomendasi universitas khususnya swasta yang patut untuk dipertimbangkan. 

1. Telkom University (Tel-U) 

Teknik Industri merupakan salah satu Program Studi di Fakultas Rekayasa Industri (FRI) di Telkom University. Teknik Industri di kampus ini telah terakreditasi nasional dan juga internasional dari IABEE (Indonesia Accreditation Board for Engineering Education). Teknik Industri ini merupakan salah satu program studi pertama yang berdiri pada tanggal 28 September 1990 di Universitas Telkom (dahulu Sekolah Tinggi Teknologi Telkom/STT Telkom, kemudian Institut Teknologi Telkom/IT Telkom). 

2. Ma’soem University 

Universitas swasta lain yang menawarkan Program Studi Teknik Industri ialah Ma’soem University. Terdapat beberapa fasilitas yang ditawarkan kampus ini seperti Asrama Mahasiswa, Fasilitas Olahraga, UKM lengkap, Lab Komputer, Lab Statistika Industri, dan lainnya. Mahasiswa Teknik Industri pada kampus ini akan mempelajari berbagai skills penting seperti perencanaan dan pengendalian produksi, manajemen rantai pasok, perancangan sistem kerja, ergonomi, analisis dan perancangan sistem, serta teknik pengambilan keputusan. 

3. Universitas Islam Bandung 

Universitas Islam Bandung atau sering disebut Unisba adalah kampus selanjutnya yang memiliki Program Studi Teknik Industri. Prodi Teknik Industri di kampus telah terakreditasi “Baik Sekali” atau “B”. Meskipun terakreditasi “B”, pada tahun 2015, survey majalah Tempo menempatkan Unisba masuk ke dalam 10 universitas swasta terbaik di Indonesia. 

4. Universitas Pasundan 

Fakultas Teknik yang didalamnya terdapat Program Studi Teknik Industri merupakan salah satu fakultas dengan mahasiswa terbanyak di Universitas Pasundan. Program Studi Teknik Industri merupakan program studi kedua yang dikembangkan Fakultas Teknik Universitas Pasundan (UNPAS) pada tahun 1962. Kalau sobat memilih Teknik Industri pada kampus ini, sobat akan mempelajari berbagai aspek optimasi pengelolaan industri, mulai dari teknologi, manufaktur, hingga manajemen. Semua itu akan berguna bagi sobat dengan berkembangnya industri yang kian pesat membutuhkan banyak SDM agar bisa dikelola secara komprehensif. 

5. Universitas Widyatama 

Kampus terakhir yang direkomendasikan adalah Universitas Widyatama. Sesuai dengan semboyan kampus ini “friendly campus for business pro”, universitas ini berorientasi memberikan kualitas pendidikan yang relevan dengan kebutuhan dunia kerja. Program Studi Teknik Industri pada kampus ini telah terakreditasi Baik Sekali yang sudah cukup untuk membekali sobat pada dunia Industri nanti. 

Lulusan Teknik Industri memiliki banyak peluang karir. Lulusan teknik industri dapat bekerja di berbagai bidang industri, mulai dari manufaktur, logistik, konsultan manajemen, hingga start-up teknologi. Di sektor manufaktur, mereka dapat menjadi manajer produksi, manajer logistik, analis sistem produksi, atau perencana operasional. Di bidang konsultan manajemen, mereka dapat bekerja dalam perbaikan proses, analisis rantai pasokan, atau manajemen kualitas. Bahkan, banyak lulusan Teknik Industri yang menjadi wirausahawan dan memulai bisnis mereka sendiri dalam bidang teknologi atau konsultasi.

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved