Sumber foto: google

10 Aplikasi Pendidikan Gratis Terbaik, Bikin Belajar Jadi Lebih Baik

Tanggal: 1 Jun 2024 06:48 wib.
Dalam survei terbaru yang dilakukan oleh McGraw-Hill, ditemukan bahwa lebih dari 75 persen siswa menggunakan perangkat modern seperti ponsel pintar dan tablet untuk meningkatkan nilai akademis mereka. Lebih dari 60 persen mengatakan mereka merasa lebih siap mengikuti kelas dengan bantuan perangkat canggih tersebut. Aplikasi terbaru ini memungkinkan siswa untuk belajar lebih baik dan juga membantu menjaga jam sekolah yang panjang.

Dengan dimulainya musim sekolah, kebanyakan dari kita bersiap untuk belajar di malam hari yang panjang, minum kopi, dan membaca buku pelajaran. Namun, saat ini, perangkat seluler Anda juga harus selalu siap dengan perangkat lunak yang tepat terpasang di dalamnya.

Di bawah, Anda akan menemukan daftar aplikasi pendidikan yang tersedia secara gratis. 10 aplikasi pendidikan gratis terbaik ini dijamin bisa memudahkan Anda dalam belajar. Kira-kira apa saja? Scroll selengkapnya ulasan berikut ini.

1. Evernote
Evernote adalah aplikasi yang telah populer sejak debutnya pada tahun 2008. Dalam beberapa pembaruan terakhir, aplikasi ini kini memberikan lebih banyak kebebasan kepada pengguna dengan fitur-fitur baru yang disediakan. Antarmuka yang sederhana dan bersih membuatnya sangat cocok untuk siswa. Mereka dapat membuat catatan, menyiapkan daftar tugas, membuat pengingat dan agenda, serta mendapatkan akses ke beragam data. Fitur kamera juga sangat membantu, memungkinkan pengguna untuk mengambil dokumen, kartu nama, atau catatan apa pun.

2. Dropbox Seluler
Siswa sering kali perlu mengirim dan menerima banyak file. Aplikasi gratis ini memudahkan berbagi semua foto, dokumen, catatan, dan video melalui satu lokasi aman. Ini juga memungkinkan penambahan catatan ke file yang ingin dibagikan pengguna, sangat membantu saat mempersiapkan proyek kelompok. Dropbox juga menjalin kemitraan dengan Microsoft, yang memungkinkan pengguna mengakses file Office langsung dari perangkat seluler mereka. Fitur 'Catatan' pada Dropbox memungkinkan banyak pengguna untuk mengedit dokumen yang sama.

3. Akademi Khan
Aplikasi ini memberikan akses ke lebih dari 4000 video pendidikan tentang Matematika, Komputer, dan Musik, termasuk informasi komprehensif mengenai proses penerimaan di berbagai perguruan tinggi. Siswa juga dapat mempersiapkan ujian SAT dengan bantuan aplikasi ini. Khan Academy adalah salah satu aplikasi pendidikan gratis terbaik yang dapat membantu siswa dalam memahami materi pelajaran.

4. Wolfram
Wolfram dianggap sebagai aplikasi 'Star Trek' yang menawarkan lebih dari 10 triliun item data dan 50.000 persamaan. Aplikasi ini menggunakan data yang sangat besar ini untuk memberikan jawaban dan menyiapkan laporan tentang banyak topik, termasuk namun tidak terbatas pada mitologi, silsilah, astronomi, dan trigonometri. Wolfram dapat membantu siswa dan guru dalam membuat grafik dengan informasi dan penjelasan langkah demi langkah, serta detail rumus.

5. Easy Bib
EasyBib adalah salah satu aplikasi pendidikan gratis terbaik di luar sana. Bagian yang paling memakan waktu dalam mempersiapkan makalah penelitian adalah pada bagian akhir yang mengharuskan Anda menyiapkan bibliografi. Aplikasi EasyBib memungkinkan siswa membuat daftar referensi dalam ribuan gaya kutipan, termasuk format MLA dan APA. Hal ini sangat membantu dalam mempermudah proses penulisan akademik.

6. My Study Life
My Study Life adalah aplikasi hebat yang memungkinkan penggantian perencana kertas. Aplikasi ini melacak seluruh beban kerja di beberapa platform dan gadget berbeda, memberikan kemudahan dalam mengatur kelas dan tugas di cloud. Antarmuka yang sederhana dan ramah pengguna membuat aplikasi ini sangat mudah digunakan. Pengguna juga dapat memberikan kode warna di kalender untuk memudahkan penggunaan.

7. Microsoft Office Seluler
Aplikasi ini memudahkan akses ke dokumen MS Word, Excel, dan PowerPoint di perangkat Android, menjadikannya salah satu aplikasi pendidikan gratis teratas. Jika pengguna ingin memulai pekerjaan rumah dan tidak ada laptop di sekitarnya, mereka akan memiliki kemampuan untuk membuat dokumen MS Word dan MS Excel baru di ponsel.

8. Duolingo
Duolingo adalah aplikasi yang membuat ketagihan sekaligus menyenangkan untuk digunakan saat mencoba mempelajari bahasa baru. Pengguna dapat belajar berbagai bahasa dengan bantuan latihan dan permainan berbicara. Aplikasi ini dapat membantu siswa dalam memperluas keterampilan bahasa mereka.

9. Scribd
Scribd adalah aplikasi yang memberikan akses ke lebih dari satu juta buku, buku audio, dan dokumen akademik lainnya. Ini juga merekomendasikan buku untuk pengguna berdasarkan kesukaan dan ketidaksukaan lama mereka. Pengguna juga dapat menyimpan buku di perangkat seluler mereka, membantu mempermudah akses terhadap bahan bacaan.

10. Sleep Cycle Alarm Clock
Penting bagi siswa untuk mendapatkan jumlah tidur yang cukup setiap hari. Aplikasi ini menganalisis tahapan tidur pengguna berdasarkan penelitian bertahun-tahun tentang ilmu tidur, membantu siswa untuk memahami pola tidur mereka dengan lebih baik.

Dengan hadirnya aplikasi pendidikan gratis terbaik ini, belajar menjadi lebih mudah dan menyenangkan. Aplikasi-aplikasi tersebut dapat membantu siswa dalam berbagai aspek belajar, mulai dari pengaturan tugas, pengelolaan waktu, hingga pemahaman materi pelajaran. Dengan memanfaatkan teknologi modern, siswa dapat memperoleh kemudahan dalam proses belajar mereka. Aplikasi-aplikasi ini telah membuktikan diri sebagai alat pendukung yang berharga dalam meningkatkan kualitas pendidikan.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved