Sumber foto: website

Stok BBM Ditambah 5 Kali Lipat Jelang MotoGP Mandalika 2024

Tanggal: 21 Sep 2024 23:08 wib.
Pertamina telah meningkatkan stok BBM di wilayah Lombok dan sekitarnya hingga 5 kali lipat rata-rata konsumsi normal, menyambut gelaran MotoGP Mandalika pada 27-29 September 2024. Penambahan stok BBM ini dilakukan sebagai respons terhadap antusiasme penonton dan wisatawan yang diharapkan meningkat seiring dengan terselenggaranya acara MotoGP.

Corporate Secretary Pertamina Patra Niaga, Heppy Wulansari, memastikan pasokan energi selama gelaran Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 akan tersedia dalam keadaan aman.

"Heppy menyatakan bahwa semua sarana fasilitas di supply point tersebut dalam kondisi prima. Untuk kebutuhan BBM di Lombok, pasokan akan disuplai dari Integrated Terminal Ampenan dengan total kapasitas terminal sebesar 40.034 kilo liter (kl). Kami menjaga ketahanan stoknya hingga lima kali lipat konsumsi normal untuk semua produk BBM," ujar Heppy pada Sabtu (21/9/2024).

Heppy melanjutkan bahwa selain Integrated Terminal Ampenan, BBM di wilayah Nusa Tenggara Barat juga disuplai dari Terminal BBM Bima dan Badas di Sumbawa.

"Pertamina juga menyiapkan modular Pertashop di dalam sirkuit dengan Produk Pertamax Turbo yang dapat digunakan untuk operasional penyelenggara maupun operasional tim MotoGP," tambah Heppy.

Selain BBM, Pertamina Patra Niaga juga menjamin stok Avtur dalam kondisi aman. Avtur disuplai dari 2 Terminal BBM Aviasi, yaitu di Bandara International Lombok (BIL) dan Salahudin.

Executive GM Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Aji Anom Purwasakti, menambahkan bahwa dikarenakan terdapat tambahan penerbangan baik cargo maupun penumpang, Pertamina Patra Niaga akan memastikan suplai avtur pesawat terbang tercukupi dengan mempersiapkan penambahan stok untuk mengantisipasi kenaikan konsumsi avtur selama perhelatan lomba balap motor tersebut berlangsung.

"Aji menyatakan bahwa selama 10 hari dari 22 September–1 Oktober 2024, permintaan avtur diproyeksikan akan mengalami kenaikan lebih dari 76% atau sebesar 176 kl dari normal harian 100 kl. Karena itu, kami melakukan antisipasi dengan menambah stok BBM sebesar 150%," ujar Aji.

"Untuk BBM transportasi darat, Pertamina akan meningkatkan stok BBM sebanyak 60% di SPBU. Hal tersebut dilakukan karena jumlah kendaraan roda 2 maupun roda 4 pada saat perhelatan Pertamina Grand Prix of Indonesia diprediksi akan meningkat. Terminal BBM Ampenan akan melakukan penambahan mobil tangki spot charter dan jam layanan operasional ditambah 2 jam lebih awal pada pukul 04.00 WITA," tambah Aji.

Aji menekankan bahwa masyarakat dihimbau untuk melakukan pembayaran secara nontunai untuk mempercepat antrian pengisian BBM. Saat ini di Lombok, terdapat jalur khusus pembayaran nontunai MyPertamina line untuk mempercepat pelayanan dan memangkas antrian.

"Pertamina juga melakukan penambahan stok LPG sebesar 54,6% dari normal harian untuk mengantisipasi lonjakan konsumsi di sektor kuliner," tutup Aji.

Dalam menghadapi acara MotoGP Mandalika 2024, upaya peningkatan stok BBM dan avtur ini diharapkan mampu menjamin ketersediaan energi yang memadai selama event berlangsung. Dengan pertimbangan peningkatan jumlah penonton dan kegiatan terkait, langkah yang diambil oleh Pertamina dapat menjadi upaya yang penting untuk mendukung kelancaran gelaran MotoGP Mandalika 2024 serta memberikan pengalaman positif bagi para penonton dan peserta event tersebut.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved