Sumber foto: google

Pertamina Rangkul Pecinta Balap Jalanan Melalui Drag Fest 2024

Tanggal: 26 Jun 2024 22:33 wib.
Indonesia menjadi salah satu negara dengan pecinta balap motor jalanan terbesar, sama seperti halnya Thailand. Tapi sayangnya tidak semua balap tersebut dilakukan secara resmi, sebagian illegal di jalan raya. Untuk merangkul mereka yang doyan balap motor di jalan lurus tersebut, Kepolisian Republik Indonesia memberikan wadah dengan menggelar ajang drag bike, begitupun yang akan dilakukan Pertamina Patra Niaga.

Perusahaan negara yang mengelola bahan bakar minyak tersebut tahun ini mulai merangkul pecinta balap lurus, melalui acara Pertamax Turbo Drag Fest 2024 yang berlangsung selama tiga seri di dua tempat berbeda. Ajang balap motor yang cendrung memiliki jarak tempuh 201 meter, dan 402 meter tersebut pertama akan digelar pada 13-14 Juli di Lapangan Terbang Cicangkal, Bogor, Jawa Barat.

Setelah itu di Lapangan Udara Wiriadinata, Tasikmalaya, pada 27-28 Juli 2024, dan putaran ketiga kembali berlangsung di Lapangan Terbang Cicangkal, pada 17-18 Agustus. Direktur Perencanaan dan Pengembangan Bisnis Pertamina Patra Niaga, Harsono Budi Santoso, mengatakan, balap ini merupakan bentuk komitmen perusahaan mendukung perkembangan motorsport di RI.

Pertamax Turbo Drag Fest merupakan rangkaian dari Pertamina Grand Prix of Indonesia 2024 di September, serta Pertamax Turbo WRT di ajang FIA World Endurance Championship yang saat ini sedang berlangsung. Namun menurutnya balap di jalan lurus tersebut menjadi inti dari rangkaian kompetisi yang digelar tahun ini. Bukan hanya motor, namun mobil juga ada yang terbagi menjadi dua kategori, dalam 10 kelas berbeda.

Kategori yang dimaksud peserta dibedakan antara umum, dan seeded yang di dalamnya terdapat pembalap profesional, atau berprestasi berdasarkan catatan IMI (Ikatan Motor Indonesia). Tapi yang membedakan dengan ajang drag lainnya, peserta hanya dibolehkan pakai BBM Pertamax Turbo RON 98. Sehingga perlu penyesuaian buat motor yang biasa menggunakan avtur, atau bensol dengan kompresi tinggi. "Di event ini pastinya nanti akan semuanya menggunakan Pertamax turbo dan ini merupakan produk ramah lingkungan kita yang memberikan performance terbaik. Jadi tentunya nanti kita bisa tes juga ini apakah akan secepat ini. Nanti bisa dirasakan sendiri," ujar Harsono, dikutip dari keterangan resminya, Senin 24 Juni 2024.

Sekadar informasi, Drag Fest 2024 itu juga menyajikan beragam aktivitas selain fokus di ajang balap lurus tersebut, seperti balapan khusus artis, musik, bazaar, kompetisi modifikasi, frestyle motor, simulator Pertamax Turbo, artwoker, dan foodtruck.

Drag Fest 2024 juga diharapkan dapat meningkatkan kesadaran akan keselamatan dalam balap jalanan. Peserta diharapkan untuk mematuhi aturan yang ada dan menggunakan perlengkapan keselamatan yang sesuai, sehingga kegiatan ini dapat berlangsung dengan aman dan tertib. Selain itu, kehadiran Pertamina di ajang ini juga menjadi kesempatan bagi perusahaan untuk memberikan edukasi kepada para peserta dan pengunjung tentang pentingnya penggunaan bahan bakar yang berkualitas untuk menjaga performa dan keamanan kendaraan mereka.

Dengan begitu, Drag Fest 2024 diharapkan dapat memberikan dampak positif bagi dunia otomotif di Indonesia. Selain memberikan wadah yang aman bagi para pecinta balap jalanan untuk menyalurkan minat dan bakat mereka, ajang ini juga diharapkan dapat mengedukasi masyarakat tentang pentingnya keamanan dan keselamatan dalam balap jalanan. Keterlibatan Pertamina sebagai sponsor utama dalam ajang ini juga membuktikan komitmen perusahaan dalam mendukung industri otomotif serta mempererat hubungannya dengan komunitas otomotif di Indonesia.

Dengan demikian, melalui kegiatan-kegiatan seperti Drag Fest 2024, Pertamina tidak hanya berperan sebagai penyedia energi terkemuka, tetapi juga sebagai mitra yang peduli dan mendukung perkembangan komunitas otomotif di Indonesia. Keterlibatan Pertamina dalam Drag Fest 2024 diharapkan dapat memberikan kontribusi positif bagi industri otomotif di tanah air serta memberikan inspirasi bagi generasi muda untuk menyalurkan minat dan bakat mereka dalam dunia otomotif.

Dengan demikian, Pertamina Rangkul Pecinta Balap Jalanan Melalui Drag Fest 2024 menjadi momentum penting bagi Pertamina dan para pecinta otomotif untuk bersatu dalam menciptakan kegiatan balap jalanan yang aman, terkendali, dan mendukung perkembangan industri otomotif di Indonesia.
Copyright © Tampang.com
All rights reserved