Mobil Listrik jadi Solusi Hemat Bahan Bakar dan Kurangi Polusi

Tanggal: 29 Okt 2017 19:07 wib.
Tampang.com - Pemanasan global yang terjadi karena banyaknya polusi yang ditimbulkan dari asap kendaraan dan semakin berkurangnya sumber daya alam berupa minyak bumi, membuat negara-negara di dunia mulai mengembangkan kendaraan bertenaga listrik yaitu motor listrik dan mobil listrik. Saat ini transportasi listrik tersebut sudah menjadi tren di hampir seluruh negara.

Pemerintah Indonesia sendiri bersama Tim Mobil Listrik Nasional Universitas Indonesia sedang melakukan upaya untuk mengembangkan mobil listrik di Indonesia. Seperti diketahui, di Kota-kota besar terutama di Jakarta yang berisi jutaan kendaraan baik motor maupun mobil menimbulkan masalah polusi yang mengamcam kesehatan masyarakat.



Banyak sekali keuntungan yang diperoleh dari adanya mobil listrik ini. Tim Mobil Listrik Nasional, Ing Mohamad Adhitya mengungkapkan bahwa banyak sekali keuntungan dari mobil listrik ini. Keuntungan yang utama yaitu dari pengurangan polusi udara dan penghematan bahan bakar. " Pertama pemanasan global yang terjadi akibat emisi buang kendaraan dan kedua kelangkaan sumber daya alam seperti minyak bumi. Kita pernah menghadpi krisis saat harga minyak sangat mahal, Industri otomotif dunia mengatasi masalah tersebut dengan mobil listrik", jelas Adithya.



Lebih jauh Adithya menjelaskan beberapa keuntungan dari mobil listrik sendiri, diantaranya :


Emisi dari mobil listrik ini 0 karena mobil listrik tidak mempunyai emisi buang.
Biaya operasi untuk mobil listrik lebih rendah daripada mobil berbahan bakar, karena konstruksi kendaraan listrik terutama motor listrik sangat sederhana dibandingkan yang berbahan bakar."Motor listrik lebih mudah 1000 kali dibuat daripada motor konvensional", terang Adithya.
Efisiensi dari kendaraan listrik sendiri. Setiap terjadi pengereman, energi dari getaran akan tersimpan dalam baterei sehingga menambah daya bagi kendaraan listriknya, berbeda dengan kendaraan biasa, energi yang keluar akan terbuang begitu saja.
Bahan bakar listrik lebih mudah didapat dan ditransmisikan melalui generator, sementara kendaraan konvensional memerlukan bahan bakar minyak yang harus diekspolari lewat pengeboran dan memerlukan biaya yang besar.


Mobil atau motor listrik memang tidak hanya menguntungkan atau mempunyai kelebihan saja dibandingkan dengan kendaraan konvensional, namun ada juga kelemahannya dari kendraan listrik ini.


Waktu untuk mengisi baterai atau mengechas baterei cukup lama sehingga tidak bisa digunakan setiap saat ketika baterai sedang dichas.
Masa baterai tidak terlalu lama, kualitas baterai jika dipergunakan terlalu lama akan segera menurun.
Jarak tempuh tidak bisa jauh jika menggunakan mobil atau motor listrik.




Dengan membandingkan kelebihan dan kelemahan kendaraan listrik ini, mana kiranya yang menjadi pilihan masyarakat kita. Mobil listri ataukah mobil konvensional ?

 
Copyright © Tampang.com
All rights reserved